Detail Cantuman Kembali
Abdul Salim - Personal Name

ANALISIS IDIOM DALAM NOVEL “AKU BULAN KAMU SENJA” KARYA SYAFRUDDIN PERNYATA


Kata Kunci: Analisis, Idiom, Novel
Idiom adalah konstruksi yang maknanya tidak sama dengan gabungan makna unsurnya, Novel adalah karangan prosa yang panjang mengandung rangkaian cerita kehidupan seseorang dengan orang disekelilingnya dengan menonjolkan watak dan sifat setiap pelakunya. Jadi, tujuan dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan bentuk, sumber, dan jenis idiom yang terdapat dalam novel
“Aku Bulan Kamu Senja” karya Syafruddin Pernyata. Objek penelitian yangmenjadi titik perhatian dalam penelitian ini adalah seluruh idiom yang digunakan dalam novel “Aku Bulan Kamu Senja” karya Syafruddin Pernyata. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalahnovel yang berjudul “Aku Bulan Kamu Senja” karya Syafruddin Pernyata. Data diperoleh dengan menggunakan teknik pengumpulan melalui teknik kepustakaan,teknik baca, teknik simak, dan teknik catat sedangkan untuk teknik analisis data dilakukan melalui metode padan dan teknik analisis data.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut yang terdapat dalam novel “Aku Bulan Kamu Senja” karya Syafruddin Pernyata. Bentuk idiom terdiri dari dua,yaitu: bentuk idiom penuh dengan jumlah 27 data dan idiom sebagian denganjumlah 5 data. Sumber idiom terdiri lima, yaitu: idiom dengan bagian tubuh dengan jumlah 14 data, idiom dengan nama warna dengan jumlah 6 data, Idiom dengannama benda alam dengan jumlah 3 data, idiom dengan nama binatang dengan jumlah 2 data, idiom dengan nama bagian tumbuh-tumbuhan dengan jumlah 2 data. Jenis idiom yang terdiri dari dua, yaitu: Jenis idiom ‘ungkapan’ dengan jumlah 11 data dan Jenis idiom peribahasa bagian ‘perumpamaan’ dengan jumlah 4 data.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS IDIOM DALAM NOVEL “AKU BULAN KAMU SENJA” KARYA SYAFRUDDIN PERNYATA
Pengarang Abdul Salim - Personal Name
No. Panggil
Subyek Kata Kunci: Analisis, Idiom, Novel
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua