Detail Cantuman Kembali
WIWIK LINTASARI - Personal Name

READING COMPREHENSION MASTERY OF THE EIGHTH GRADE STUDENTS OF SMP NEGERI 5 KOTA BANGUN IN THE ACADEMIC YEAR 2014/2015

ABSTRAK
Indriyani, Nurma. 2015. Pengaruh Disiplin Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Fungsi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Samarinda Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi, Program Studi
Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu PendidikanUniversitas Mulawarman. Dosen Pembimbing: (I) Dra. Suriaty, M.pd dan (II) Drs. H. Nor Hadiyanto.
Kata kunci: disiplin belajar, motivasi belajar, hasil belajar matematika
Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto, yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh disiplin belajar dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar matematika materi fungsi siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Samarinda tahun ajaran 2014/2015.
Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Samarinda tahun ajaran 2014/2015 sebanyak 378 siswa. Sampel ditentukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 191 siswa dari 11 kelas. Setelah melakukan pengundian dengan pengambilan secara acak diperoleh enam kelas sampel dan satu kelas uji coba.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa angket dan tes. Angket digunakan untuk memperoleh data tentang disiplin belajar dan motivasi belajar siswa, sedangkan tes digunakan untuk memperoleh data hasil belajar matematika.
Sebelum penelitian dilaksanakan, diadakan uji coba instrumen. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan regresi linier ganda, menggunakan program SPSS dengan taraf signifikan α sebesar 5% (α = 0,05) serta perhitungan manual.
Berdasarkan hasil analisis deskriptif, diperoleh skor rata-rata untuk variabel disiplin belajar siswa sebesar 80,173 dalam kategori sangat tinggi dan skor rata rata untuk variabel motivasi belajar siswa sebesar 75,953 dalam kategori tinggi.
Nilai rata-rata untuk hasil belajar matematika siswa sebesar 53,131 dalam kategori sedang. Berdasarkan hasil analisis inferensial dengan menggunakan uji regresi linier ganda, diperoleh persamaan penduga Ŷ = -33,248 + 0,368X. F hitung sebesar 14,656 dan F tabel sebesar 3,000. Karena F , maka persamaan penduga yang diperoleh berarti atau dapat dipakai untuk memprediksi hasil belajar matematika. Koefisien determinasi (R v 2 hitung ) sebesar 0,135 menunjukkan bahwa 13,5% model regresi dugaan dapat menjelaskan pengaruh disiplin belajar dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar matematika. Untuk variabel
disiplin belajar siswa diperoleh t hitung sebesar 2,448 dengan t sebesar 1,960 dan nilai probabilitas 0,015, yang berarti |t hitung | > t tabel tabel dan nilai probabilititas < α.
Sehingga terdapat pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar matematika. Untuk variabel motivasi belajar siswa diperoleh t sebesar 1,960 dan nilai probabilitas 0,00, yang berarti |t hitung 1 > F + 0,736X tabel
sebesar 5,096 dengan t hitung | > t dan nilai probabilitas < α. Sehingga terdapat pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar matematika.
Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan terdapat pengaruh disiplin belajar dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar matematika materi fungsi siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Samarinda tahun ajaran 2014/2015.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul READING COMPREHENSION MASTERY OF THE EIGHTH GRADE STUDENTS OF SMP NEGERI 5 KOTA BANGUN IN THE ACADEMIC YEAR 2014/2015
Pengarang WIWIK LINTASARI - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2015
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua