Detail Cantuman Kembali
RISQO NURHIDAYAH - Personal Name

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA TENTANG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN MELALUI MEDIA BENDA KONKRIT PADA KELAS IV SDN 006 SAMARINDA ULU TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015

ABSTRAK

Risqo Nurhidayah, 2015. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Tentang
Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Melalui Media Benda Konkrit
Pada Kelas IV SDN 006 Samarinda Ulu Tahun Pembelajaran
2014/2015.(Dibimbingoleh Dr. Muhammad Ilyas, M.Pd selaku
pembimbing I dan Drs. DahriTaggi, M.Pd selaku pembimbing II).

Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika, Penjumlahan danPengurangan,
Media Benda Konkrit

Latar belakang masalah dilakukannya penelitian ini adalah hasil belajar
penjumlahan dan pengurangan masih siswa masih rendah, rumusan masalah
penelitian ini bagaimana meningkatan hasil belajar siswa tentang penjumlahan
dan pengurangan pecahan melalui media benda konkrit pada kelas IV SDN 006
Samarinda Ulu ? dan tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar
siswa tentang penjumlahan dan pengurangan pecahan melalui media benda
konkrit, pada pembelajaran matematika.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan penyajian data
deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 006
Samarinda Ulu yang berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data
menggunakan lembar observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Penilaian
dengan lembar observasi dilakukan ketika pembelajaran berlangsung, tes hasil
belajar dilaksanakan setiap akhir siklus, dan dokumentasi dikumpulkan sebelum
dan ketika penelitian berlangsung.
Pelaksana pembelajaran adalah peneliti dengan berkerjasama oleh guru
kelas yang diteliti. Nilai hasil belajar diperoleh dengan menganalisis data berupa
nilai tes setiap siklus. Secara keseluruhan metode peningkatan hasil belajar
menggunakan media benda konkrit ini dinilai cukup efektif dan signifikan. Hal ini
dibuktikan dengan meningkatkan nilai dari sebelum diterapkannya siklus I adalah
57 dan presentase 40% (belum tuntas) menjadi 63,00 dan presentase 47% (tuntas)
dan setelah dilaksanakan siklus II nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan
menjadi 72,00 dan presentase 100% (tuntas). Berdasarkan hasil penelitian, maka
dapat disimpulkan: Bahwa pemanfaatan metode dengan menggunakan media
benda konkrit ini sangat efektif untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa
khususnya pada bidang mata pelajaran matematika pokok bahasan penjumlahan
dan pengurangan pecahan.
Berdasarkan hasil penelitian di atas penulis menyarankan: Hendaknya
sekolah dapat menyediakan sarana dan prsarana yang lebih lengkap guna
mengoptimalkan proses pembelajaran. Juga bagi guru, agar dapat menggunakan
metode mengajar melalui media benda konkrit pada mata pelajaran matematika,
khususnya pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA TENTANG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN MELALUI MEDIA BENDA KONKRIT PADA KELAS IV SDN 006 SAMARINDA ULU TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015
Pengarang RISQO NURHIDAYAH - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2015
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua