UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PERMULAAN DENGAN MENGGUNAKAN FLASHCARD (KARTU BERGAMBAR) PADA SISWA KELAS II SDN 004 LONG MESANGAT TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016
Janatim, 2016. Upaya Meningkatkan Keterampilam Menulis Permulaan Dengan Menggunakan Flascard (Kartu Bergambar) Pada Siswa Kelas II 004 Long Mesangat Tahun Pembelajaran 2015/2016. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Mulawarman Samarinda. Pembimbing : (I) Dr. Sunarno, M.Pd dan (II) Drs. Richart Singal, M.Si
Kata kunci : Kemampuan menulis permulaan, media flashcard.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar keterampilan menulis permulaan siswa kelas 2 SD Negeri 004 Long Mesangat dengan menggunakan media flash card.
Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan subyek penelitian siswa kelas II SD Negeri 004 Long Mesangat tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 12 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus memiliki tiga komponen yaitu perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Teknik penilaian berbentuk tes menulis permulaan mendeskripsikan tumbuhan atau binatang secara sederhana dengan bahasa tulis. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Indikator keberhasilan penelitian ini ditandai dengan meningkatnya kemampuan menulis permulaan mendeskripsikan tumbuhan atau binatang secara sederhana dengan bahasa tulis siswa yang ditandai dengan 75% siswa mencapai KKM.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media flash card terbukti mamu meningkatkan kemampuan menulis permulaan siswa kelas II SD Negeri 004 Long Mesangat. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari rata-rata hasil evaluasi siswa yang mengalami peningkatan pada setiap pertemuannya. Rata-rata hasil tes menulis pada pra tindakan sebesar 58,75. Siklus I rata-rata siswa meningkat menjadi 66,62. Peningkatan rata-rata hasil evaluasi menulis permulaan siswa dari pra tindakan ke siklus I sebesar 7,87. Pada siklus II rata-rata hasil evaluasi siswa meningkat menjadi 78,72. Hal itu menunjukkan bahwa rata-rata hasil evaluasi siswa meningkat lagi sebesar 12,1.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PERMULAAN DENGAN MENGGUNAKAN FLASHCARD (KARTU BERGAMBAR) PADA SISWA KELAS II SDN 004 LONG MESANGAT TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016 |
---|---|
Pengarang | JANATIM - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | Kemampuan menulis permulaan, media flashcard. |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2016 |
Penerbit | |
Jurusan | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY