ANALISIS UNIQUE SELLING PROPOSITION PADA KEGIATAN PROMOSI RUMAH MAKAN GEPREK EXPRESS
Ayunni Meilinda,2011. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman, Samarinda. Analisis Unique Selling Propositionpada Kegiatan Promosi Rumah Makan Geprek Express, Di bawah bimbinganHj. Hairunnisa,S.Sos,. MM selaku dosen pembimbing I, dan Kezia Arum Sary, S.Ds, M.Med.Komselaku dosen pembimbing II.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis Unique Selling Proposition pada Kegiatan Promosi Rumah Makan Geprek Express. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif.
Penelitian ini menggunakan teknik penelitianpurposive sampling yaitu informan terdiri dari pemilik rumah makan Geprek Express danmarketing communicationrumah makan Gerpek Express. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dengan informan,obersavi langsung dilapangan serta dokumentasi.
Hasil penelitian diperoleh gambaran yaituunique selling propositionpadasetiap kegiatan promosi memliki keunggulan masing-masing. Kegiatan promosi yang dilakukan melalui periklanan dalam bentuk media cetakx-banner,billboard sedangkan media elektronik berupa radio dan media internet, penjualan pribadiberupa komunikasi secara langsung melalui kasir dengan konsumen, promosi penjualan dalam bentuk diskon, kontes/permainan,packagingdan paket promo.hubunganmasyarakat berupa bazaar, endorsement, sponsorship, dimana keempat kegiatan promosi tersebut memilikiunique selling proposition atau keunggulanpada masing-masing medianya.
Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah bahwaunique sellingproposition pada kegiatan promosi yang dilakukan Rumah Makan Geprek Express dapat dikatakan memiliki ciri khas dan keunggulan pada setiap promosinya. ini terlihat pada penyampaian dan pengemasan pesan yang detail dan menarik sehingga konsumen mudah menerima pesan yang disampaikan dan merasakan bahwa pesan dari promosi Rumah Makan Geprek Express sesuai dengan keinginan yang sedang dicari oleh konsumen. Namun dalam kegiatan promosi melalui penjualan pribadi, promosi penjualan berupa kontes serta hubungan masyarakatberupaeventdansponsorshipsebaiknya perlu diperbanyak kegiatan promosi agar konsumen lehib tertarik dengan rumah makan Geprek Express.
Kata Kunci: unique selling proposition, kegiatan promosi, komunikasi pemasaran.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | ANALISIS UNIQUE SELLING PROPOSITION PADA KEGIATAN PROMOSI RUMAH MAKAN GEPREK EXPRESS |
---|---|
Pengarang | AYUNNI MEILINDA - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | Kata Kunci: unique selling proposition, kegiatan p |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2018 |
Penerbit | |
Jurusan | Ilmu Komunikasi |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY