HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DAN IKLIM SEKOLAH DENGAN PERILAKU MEMBOLOS PADA SISWA KELAS XII SMK TI AIRLANGGA SAMARINDA
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi belajar dan iklim sekolah dengan perilaku membolos siswa kelas XII SMK TI Airlangga Samarinda. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah 75 siswa-siswi kelas XII SMK TI Airlangga Samarinda yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sample. Metode pengumpulan datayang digunakan adalah skala perilaku membolos, motivasi belajar, dan iklim
sekolah. Data yang terkumpul dianalisis dengan uji analisis regresi linier berganda dengan bantuan program Statistical Package for Social Sciences (SPSS) 21.0 for windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat hubungan antaramotivasi belajar dan iklim sekolah dengan perilaku membolos dengan nilai Fhitung > F tabel (53.653 > 3.12) dan nilai p = 0.000 (p < 0.05); (2) Terdapathubungan negatif dan signifikan motivasi belajar dengan perilaku membolos dengan koefisien beta (ß) = -0.522, nilai t hitung > t tabel (-4.919 > 1.666) dan nilai p = 0.000 (p < 0.05); (3) Terdapat hubungan positif dan signifikan iklim sekolah dengan perilaku membolos dengan koefisien beta (ß) = 0.310, nilai t hitung > t tabel (2.926 > 1.666) dan nilai p = 0.005 (p < 0.05). Serta kontribusi pengaruh (R2) motivasi belajar dan iklim sekolah dengan perilaku membolos adalah sebesar 0.598 atau 59.8 persen.
Kata kunci: perilaku membolos, motivasi belajar, iklim sekolah.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DAN IKLIM SEKOLAH DENGAN PERILAKU MEMBOLOS PADA SISWA KELAS XII SMK TI AIRLANGGA SAMARINDA |
---|---|
Pengarang | Aswinda Laksmitaningtyas - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | Kata kunci: perilaku membolos, motivasi belajar, i |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2019 |
Penerbit | |
Jurusan | PSIKOLOGI |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY