PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V TENTANG SIFAT-SIFAT OPERASI HITUNG BILANGAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAM ACHIEVEMENT(STAD) DI SDN OO4 BATU AMPAR
Susanah, Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Tentang Sifat-Sifat Operasi Hitung Bilangan Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Student Team Achievement Divisions (STAD) di SDN 004 Batu Ampar Tahun Pembelajaran 2015-2016. Skripsi, program studi PGSD. Pembimbing (1) Drs.H.Masrur Yahya,M.Hum (2) Tri Indah Hastuti,S.Sn,M.Sn.
Kata Kunci : Peningkatan,Sifat-Sifat Operasi Hitung Bilangan,Pembelajaran Kooperatif.
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Matematika siswa kelas v SDN 004 Batu Ampar yang masih di bawah KKM, diharapkan melalui model pembelajaran Kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) ,hasil belajar siswa dapat meningkat. Rumusan masalah dalam penelitian ini, bagaimana meningkatkan aktifitas dan hasil belajar Matematika siswa tentang sifat –sifat operasi hitung bilangan melalui model pembelajaran Kooperatif tipe STAD pada siswa kelas v SDN 004 Batu Ampar tahun pembelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan
Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar Matematika siswa tentang sifat-sifat operasi hitung bilangan melalui model pembelajaran Kooperatif tipe STAD pada siswa kelas v SDN 004 Batu Ampar Tahun Pembelajara 2015/2016.
Penggumpulan data dilakukan melalui observasi,dokumentasi,nilai tugas dan tes akhir siklus. Penelitian dilaksanakan sebanyak dua siklus dengan tahapan permasalahan,perencanaan,pelaksanaan tindakan dan refleksi. Siklus I dan Siklus II,masing –masing dilaksanakan dua kali pertemuan, kemudian untuk mengetahui hasil belajar pada setiap siklus dilakukan tes pada akhir pertemuan. Dari hasil analisa data menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar Matematila siswa tentang sifat-sifat operasi hitung bilangan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD di kelas v mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Pada siklus I aktivitas siswa menunjukkan peningkatan yang baik,karena modus dari skor aktivitas siswa bernilai 3,sedangkan pada siklus II aktivitas belajar siswa baik sekali dengan nilai modus dari skor aktivitas siswa bernilai 4. Begitu juga dengan hasil belajar siswa mengalami peningkatan, dari nilai dasar 60.93 dengan kriteria kurang menjadi 62,8125 cukup pada siklus I, dengan jumlah persentase peningkatan 12,5%. Sementara peningkatan hasil belajar pada siklus II dari 62,8125 kriteria cukup menjadi 72,1875 kriteria baik dengan jumlah persentase peningkatan sebesar 31,25%.
Berdasarkan data tersebut,maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan belajar siswa khususnya dalam mata pelajaran matematika. Sesuai dari hasil penelitian diatas,disarankan dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran Matematika.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V TENTANG SIFAT-SIFAT OPERASI HITUNG BILANGAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAM ACHIEVEMENT(STAD) DI SDN OO4 BATU AMPAR |
---|---|
Pengarang | SUSANAH - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | Peningkatan,Sifat-Sifat Operasi Hitung Bilangan,Pe |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2016 |
Penerbit | |
Jurusan | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY