Detail Cantuman Kembali
SIRURU DESI - Personal Name

PENGARUH PEMBERIAN JAMUR Trichoderma sp. TERHADAP INTENSITAS SERANGAN SERANGGA HAMA PADA TANAMAN BUNCIS (Phaseolus vulgaris L.)

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian jamur Trichoderma sp sebagai pestisida nabati terhadap intensitas serangan serangga hama pada tanaman Buncis (Phaseolus Vulgaris L.). Penelitian ini dilaksanakan selama lima bulan. Penelitian lapangan terletak di jalan Sultan Alimuddin Kelurahan Selili Kecamatan Samarinda Ilir Provinsi Kalimantan Timur Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan acak kelompok (RAK) dengan empat perlakuan dan enam kelompok ulangan. Pemberian Jamur Trichoderma sp setiap satu minggu sekali dan setiap bulan diambil data intensitas serangan serangga hama selama one weeks. Hasil yang diperoleh dari data intensitas serangan hama tersebut dilakukan analisis varians (ANAVA) dan dilanjutkan dengan uji DMRT 5%.
Berdasarkan hasil analisis varians Fhitung yang masing – masing sebesar (12,462, dan 4,374) > Ftabel (3,10) maka terdapat pemberian jamur Trichoderma sp. sebagai pestisida nabati terhadap intensitas serangan serangga hama pada tanaman Buncis (Phaseolus Vulgaris L.). Berdasarkan uji lanjutan DMRT 5% diperoleh hasil bahwa terdapat perbedaan nyata dari tanaman tanpa diberikan Jamur Trichoderma sp. jika dibandingkan dengan tanaman Buncis (Phaseolus Vulgaris L.) yang diberikan jamur Trichoderma sp.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH PEMBERIAN JAMUR Trichoderma sp. TERHADAP INTENSITAS SERANGAN SERANGGA HAMA PADA TANAMAN BUNCIS (Phaseolus vulgaris L.)
Pengarang SIRURU DESI - Personal Name
No. Panggil
Subyek Trichoderma sp., intensitas serangan serangga hama
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2017
Penerbit
Jurusan Pendidikan MIPA
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua