Detail Cantuman Kembali
ANDI IKBAL - Personal Name

PENGARUH KUALITAS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI TERHADAP PENGENDALIAN INTERNAL DAN DAMPAKNYA PADA PENCEGAHAN KECURANGAN (Studi Kasus pada Bank Mandiri Kota Balikpapan)

Andi Ikbal. Pengaruh Kualitas Sistem Informasi Akuntasi Terhadap Pengendalian Internal dan Dampaknya Pada Pencegahan Kecurangan (Studi Kasus pada Bank Mandiri Kota Balikpapan). (Di bawah bimbingan Set Asmapane dan Yoremia Lestari br. Ginting).
Saat ini maraknya mengenai indikasi penyimpangan kecurangan atau fraud pada suatu perusahaan yang dilakukan oleh karyawan atau pegawainya. Badan Pemeriksa Keuangan menemukan PT. Bank Mandiri terdapat kelemahan system pengendalian intern total 13 permasalahan, SOP belum Berjalan optimal total 13, ketidakpatuhan terhadap peraturan perundangan-undangan total 5 permasalahan dan piutang berpotensi tak tertagih total 5 permasalahan yang akan merugikan
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas sistem informasi akuntansi terhadap pengendalian internal pada Bank Mandiri kota Balikpapan dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pengendalian internal terhadap pencegahan kecurangan pada Bank Mandiri Kota Balikpapan.
Sampel dalam penelitian ini adalah 66 orang karyawan yang ada pada Bagian Pengawasan Sistem dan Bagian Pelaksanaan Sistem PT. Bank Mandiri Kota Balikpapan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknikdalam pengambilan sampel yaitu Probability Sampling menggunakan proportionate stratified random sampling. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Alat analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah Partial Least Square (PLS). PLS adalah teknik Structural Equation Modeling (SEM).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas sistem informasi akuntansi berpengaruh signifikan terhadap pengendalian internal pada Bank Mandiri Kota Balikpapan, artinya dengan adanya sistem informasi akuntansi yang benar maka manajemen dalam organisasi perusahaan dapat mengevaluasi hasil dari suatu operasi atau suatu kegiatan apakah berjalan dengan efektif dan efisien.
Pengendalian internal berpengaruh signifikan terhadap pencegah kecurangan pada Bank Mandiri Kota Balikpapan, artinya dengan adanya pengendalian internal dapat mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan terjadi kecurangan dan untuk mengurangi kejadian tersebut.
Kata Kunci: Kualitas Sistem Informasi Akuntasi, Pengendalian Internal, Dampak Pencegahan Kecurangan.


Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH KUALITAS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI TERHADAP PENGENDALIAN INTERNAL DAN DAMPAKNYA PADA PENCEGAHAN KECURANGAN (Studi Kasus pada Bank Mandiri Kota Balikpapan)
Pengarang ANDI IKBAL - Personal Name
No. Panggil
Subyek Kata Kunci: Kualitas Sistem Informasi Akuntasi, Pe
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua