ANALISIS MISKONSEPSI MATERI USAHA DAN ENERGI SMA NEGERI 1 SAMARINDA PADA PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING
Miskonsepsi adalah konsepsi siswa bertentangan dengan konsep fisikawan,biasanya menyangkut hubungan antar konsep. Sedangkan Discovery Learning merupakan model pembelajaran yang melibatkan partisipasi aktif dari seluruh siswa, dimana siswa belajar memahami konsep, arti serta hubungan sampai kepada suatu kesimpulan. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui miskonsepsi yang dialami siswa pada materi Usaha dan Energi di kelas X SMAN 1 Samarinda jika ditinjau dari hasil tes Ordered Multiple Choice (OMC) dan Tes Objektif Pilihan Ganda beralasan .Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X-MIPA 7 sebanyak 31 siswa dan kelas X MIPA 8 sebanyak 30 siswa yang diambil dengan teknik Purposive sampling. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa masih ada miskonsepsi yang dialami siswa. Persentase miskonsepsi siswa tes OMC level 1 “Naive concept” sebesar 10 % , level 2 “Hybrid concept” sebanyak 36% dari jumlah sampel yang diukur sebanyak 31 siswa. Persentase miskonsepsi siswa tes Objektif
Pilihan Ganda Beralasan sebesar 22% dari jumlah sampel yang diukur sebanyak 30 siswa
Ketersediaan
Detail Information
Judul | ANALISIS MISKONSEPSI MATERI USAHA DAN ENERGI SMA NEGERI 1 SAMARINDA PADA PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING |
---|---|
Pengarang | SISKA FITRI YANI - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | Ordered Multiple Choice (OMC) |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2017 |
Penerbit | |
Jurusan | Pendidikan MIPA |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY