Detail Cantuman Kembali
RIZKY HEMAS SOVIANI - Personal Name

ANALISIS DAYA INGAT DAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN METODE MIND MAPPING PADA POKOK BAHASAN LARUTAN PENYANGGA KELAS XI IPA SMA NEGERI 5 SAMARINDA

Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) adalah pendekatan pembelajaran yang terdiri dari tujuh prinsip yaitu contructivism, inquiri, questioning, learning community, modeling, reflection, authenthic assesment yang divariasikan dengan suatu metode mind mapping. Metode mind mapping adalah metode mencatat kreatif yang memudahkan kita mengingat banyak informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui daya ingat siswa dan minat belajar siswa melalui pendekatan CTL dengan metode mind mapping pada pokok bahasan larutan penyangga kelas XI IPA Di SMAN 5 Samarinda. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 5 Samarinda. Sampel penelitian diambil secara purposive sampling yaitu kelas XI IPA 4 yang berjumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes, dan teknik non tes. Data daya ingat siswa diperoleh dengan teknik tes yaitu hasil belajar siswa sesuai dengan indikator daya ingat yang diukur menggunakan instrumen posttest, ulangan harian, LKS, dan resume. Data ini dianalisis menggunakan nilai siswa dan nilai akhir dari skor posttest, ulangan harian, LKS, dan resume setiap pertemuan. Data minat belajar siswa diperoleh dengan teknik non tes menggunakan angket minat belajar siswa. Data ini dianalisis menggunakan analisis persentase yaitu skor jawaban siswa dibagi dengan skor total dikali seratus persen. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata daya ingat siswa pada kelas XI IPA 4 sebesar 78 dengan nilai indikator penguasaan materi sebesar 73, kerjasama sebesar 73 dan pengulangan sebesar 87 secara keseluruhan telah dilaksanakan siswa dengan kategori baik sehingga keseluruhan daya ingat siswa adalah baik. Nilai persentase rata-rata minat belajar siswa sebesar 72% dengan persentase indikator rasa senang ketika belajar sebesar 70%, indikator ketertarikan siswa terhadap materi sebesar 65%, indikator pemusatan perhatian siswa sebesar 73%, indikator keterlibatan siswa sebesar 74% dan indikator sikap semangat belajar siswa sebesar 79%, sehingga secara keseluruhan minat belajar siswa adalah sedang.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS DAYA INGAT DAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN METODE MIND MAPPING PADA POKOK BAHASAN LARUTAN PENYANGGA KELAS XI IPA SMA NEGERI 5 SAMARINDA
Pengarang RIZKY HEMAS SOVIANI - Personal Name
No. Panggil
Subyek Daya Ingat, Minat Belajar, Pendekatan Contextual
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2017
Penerbit
Jurusan Pendidikan MIPA
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua