Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantukan Modul Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI pada Pokok Bahasan Koloid SMA Negeri 7 Samarinda Tahun Ajaran 2016/2017
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantukan modul terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada pokok bahasan koloid SMA Negeri 7 Samarinda tahun ajaran 2016/2017. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas XI IPA dan sampel yang digunakan adalah siswa kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 yang masing-masing berjumlah 31 siswa setiap kelas. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan
sampel secara purposive sampling. Data hasil belajar siswa diperoleh dari nilai posttest yang diberikan pada setiap akhir pertemuan sebanyak 10 soal dan ulangan harian sebanyak 30 soal dalam bentuk pilihan ganda dengan presentase masingmasing posttest 1, 2 dan 3 sebesar 20% dan ulangan harian 40%. Hasil ini selanjutnya akan di uji dengan menggunakan uji F dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas XI IPA 2 menggunakan
model pembelajaran Problem Based Learning berbantukan modul adalah 83,81. Nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas XI IPA 1 menggunakan model pembelajaran langsung adalah 77,03. Data dianalisis dengan menggunakan uji F untuk kedua sampel bebas diperoleh Fhit = 1,03 dan F
tab =1,84, sehingga F < F , maka Ho diterima dan Ha ditolak yang artinya data homogen. Kemudian dilakukan uji lanjut yaitu uji t, diperoleh ttabel hitung = 5,15 dan t = 2,00, sehingga t
hitung > t table table , maka Ha diterima dan Ho ditolak yang artinya terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantukan modul terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada pokok bahasan koloid SMA Negeri 7 Samarinda.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantukan Modul Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI pada Pokok Bahasan Koloid SMA Negeri 7 Samarinda Tahun Ajaran 2016/2017 |
---|---|
Pengarang | YAUMIL HIDAYAH - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | Problem Based Learning, Modul, Hasil Belajar |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2017 |
Penerbit | |
Jurusan | Pendidikan MIPA |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY