PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA MINIMARKET PRAMUKA MART SAMARINDA
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa variabel bauran pemasaran (X) yang terdiri dari produk (X1), harga (X2), lokasi (X3), dan promosi (X4) secara simultan dan parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen (Y). Teori utama yang penulis gunakan menurut Kotler dan Keller (2009:18) bauran pemasaran (marketing mix) adalah seperangkat alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk terus menerus mencapai tujuan pemasarannya dipasar sasaran. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, interview, peneliti kepustakaan dan kuesioner dan alat analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, koefisien determinasi dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel produk (X1), harga (X2), lokasi (X3), dan promosi (X4) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen (Y). Dari perhitungan uji F diperoleh F hitung sebesar 8,573 > F tabel 2,470 dengan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Uji t diketahui bahwa secara parsial variabel harga yang berpengaruh signifikan terhadap variabel terikat dengan perhitungan t hitung variabel Harga (X2) sebesar 2,439 > t tabel 1,985 sedangkan variabel produk, lokasi dan promosi tidak berpengaruh signifikan dengan perhitungan t hitung varibel Produk (X1) sebesar 1,670 < t tabel 1,980, Lokasi (X3) memiliki t hitung sebesar 1,694 < t tabel 1,985, dan Promosi (X4) memiliki t hitung sebesar 1,630 < t tabel 1,985. Nilai R (Koefisien Korelasi) yang diperoleh sebesar 0,515 atau 51,1% dan nilai R Square (Koefisien Determinasi) sebesar 0,265 atau 26,6%.
Peneliti memberikan saran kepada perusahaan agar perusahaan lebih memperhatikan kelengkapan dan ketersediaan barang yang dijual. Mempertimbangkan hal-hal yang diinginkan kosumen, melakukan inovasi dan memperbanyak channel promosi
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA MINIMARKET PRAMUKA MART SAMARINDA |
---|---|
Pengarang | Rizka - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | Bauran Pemasaran, Keputusan Pembelian |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | |
Penerbit | |
Jurusan | Ilmu Administrasi |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY