Detail Cantuman Kembali
Yuli Fitrianto - Personal Name

EFEKTIVITAS ORGANISASI LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN DALAM PERUMUSAN KEBIJAKAN DAERAH (STUDI KASUS PADA BADAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PROVINSI KALIMANTAN TIMUR)


Yuli Fitrianto, Program Pascasarjana Universitas Mulawarman, September 2019, Efektivitas Organisasi Lembaga Penelitian dan Pengembangan dalam Perumusan Kebijakan Daerah (Studi Kasus pada Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Kalimantan Timur). Ketua Komisi Pembimbing Dr.Heryono Susilo Utomo, M.Si dan Anggota Komisi Pembimbing Dr. Iman Surya,M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis peran dan fungsi organisasi lembaga penelitian dan pengembangan dalam penelitian danpengkajian. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengambilan datamenggunakan teknik wawancara mendalam (in depth interview), observasi, dandokumentasi. Kemudian dianalisis menggunakan model anaslisis interaktif melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran dan fungsi Balitbangda Kaltim sebagai perangkat daerah yang menjalankan tugas dan fungsi kelitbangan sesuaiPeraturan menteri Dalam Negeri nomor 17 tahun 2016 belum efektif dalamperumusan kebijakan daerah. Faktor pendorong Balitbangda Kaltim dalam menjalankan tugas dan fungsi kelitbangan dalam perumusan kebijakan daerah h salah satunya adalah adanya peraturan perundangan yang mendukung keberadaan Balitbangda dalam proses pembangunan di daerah yaitu UU nomor 23 tahun 2014tentang pemerintah daerah, Permendagrinomor 17 tahun 2017, dan Surat Edaran
Mendagri nomor 070/7004/SJ. Faktor penghambatnya lebih banyak pada masalahinternal Balitbangda Kaltim seperti: struktur organisasi tidak efektif menjalankanfungsi kelitbangan; kompetensi penjabat struktur yang menjabat di Balitbangda Kaltim belum memenuhi dan memahami kelitbangan; lemahnya pengorganisasian kelitbangan di Balitbangda Kaltim mulai dari perencanaan, implementasi, sampai evaluasi kegiatan kelitbangan.
Kata Kunci: Efektivitas Organisasi, Perumusan Kebijakan Daerah, Balitbangda

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul EFEKTIVITAS ORGANISASI LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN DALAM PERUMUSAN KEBIJAKAN DAERAH (STUDI KASUS PADA BADAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PROVINSI KALIMANTAN TIMUR)
Pengarang Yuli Fitrianto - Personal Name
No. Panggil
Subyek Kata Kunci: Efektivitas Organisasi, Perumusan Kebi
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua