Detail Cantuman Kembali
ARIF RAHMAT HIDAYAT - Personal Name

PERSEPSI PETANI TERHADAP PEMELIHARAAN TANAMAN KELAPA SAWIT (Elaeis guinensis Jacq) DI DESA PADANG JAYA KECAMATAN KUARO KABUPATEN PASER


Kelapa sawit merupakan komoditas yang cukup penting di Indonesia dan memiliki prospek pengembangan yang cukup cerah. Persepsi petani tentu akan bervariasi antara individu dengan individu lain. Pemeliharaan pada tanaman menghasilkan merupakan salah satu cara budidaya yang ditujukan untuk mendapatkan produksi dan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi kelapa sawit. Pemeliharaan tersebut meliputi pengendalian gulma, pemupukan, pemangkasan daun, dan pengendalian hama dan penyakit.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi petani terhadap pemeliharaan tanaman kelapa sawit di Desa Padang Jaya Kecamatan Kuaro Kabupaten Paser. Penelitian ini dilaksanakan selama tiga bulan yakni dari bulan Juni hingga Agustus 2019.
Penentuan lokasi ditentukan secara purposive yaitu di Desa Padang Jaya
Kecamatan Kuaro Kabupaten Paser. Penentuan responden dilakukan dengan metode simple random sampling dengan responden sebanyak 37 jiwa. Persepsi petani terhadap pemeliharaan diukur dengan delapan indikator dengan menggunakan skala likert, maka metode yang diterapkan bersifat deskriptif.
Hasil penelitian pada indikator intensitas seluruh responden yang berjumlah 37 orang menunjukkan persepsi mudah. Indikator ukuran, seluruh responden yang berjumlah 37 orang menunjukkan persepsi mudah. Indikator pengulangan responden menunjukkan persepsi mudah dengan jumlah 6 responden, persepsi cukup sulit dengan jumlah 31 responden. Indikator gerakan responden menunjukkan persepsi mudah dengan jumlah 37 responden, persepsi cukup sulit dengan jumlah 1 responden. Indikator baru dan familiar responden menunjukkan persepsi mudah dengan jumlah 8 responden, persepsi cukup sulit dengan jumlah 29 responden. Indikator belajar/pemahaman, responden menunjukkan persepsi mudah dengan jumlah 36 responden, persepsi cukup sulit dengan jumlah 1 responden. Indikator motivasi, seluruh responden yang berjumlah 37 orang menunjukkan persepsi mudah. Indikator kepribadian, seluruh responden yang berjumlah 37 atau menunjukkan persepsi mudah.
Kata kunci : Persepsi, Pemeliharaan, Kelapa Sawit

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PERSEPSI PETANI TERHADAP PEMELIHARAAN TANAMAN KELAPA SAWIT (Elaeis guinensis Jacq) DI DESA PADANG JAYA KECAMATAN KUARO KABUPATEN PASER
Pengarang ARIF RAHMAT HIDAYAT - Personal Name
No. Panggil
Subyek Kata kunci : Persepsi, Pemeliharaan, Kelapa Sawit
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan Agribisnis
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua