Detail Cantuman Kembali
HORAS ARMEDAN RITONGA - Personal Name

KEANEKARAGAMAN GASTROPODA DI PERAIRAN MUARA SUNGAI MANGGAR KOTA BALIKPAPAN PROVINSI KALIMANTAN TIMUR


Horas Armedan Ritonga, 2020. Keanekaragaman Gastropoda Di Perairan Muara Sungai Manggar Kota Balikpapan Provinsi Kalimantan Timur, (dibawah bimbingan Mursidi dan Ghitarina).
Salah satu dari Biota yang mendiami muara sungai adalah Gastropoda. Karena sifat moluska terutama Gastropoda cenderung menetap menyebabkan hewantersebut menerima setiap perubahan lingkungannya yang terjadi. Salah satu fauna yang dapat ditemukan di Muara Sungai Manggar adalah Gastropoda. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Keanekaragaman Gastropoda di Perairan
Muara Sungai Manggar. Penelitian ini dilakukan pada 2 Stasiun, yaitu pada Muara Sungai (Stasiun 1) dan pada pesisir pantai (Stasiun 2). Parameter uji adalah Keanekaragaman dengan menganalisis Kelimpahan, Indeks Keseragaman, Indeks Keseragaman, Indeks Dominansi. Gastropoda yang di temukan pada stasiun 1 sebanyak 81 ind/m2 dan pada stasiun 2 sebanyak 65 ind/m. Indeks keanekaragaman pada kedua stasiun dikategorikan sedang. Jenis terbanyak yang ditemukan adalah Thais Buccinea, Oliva Miniacea, Oliva Vidua dan jenis yang paling sedikit ditemukan yaitu Strigatella pica dan Cypraea ursellus.
Kata Kunci: Gastropoda, Keanekaragaman, Pantai Manggar



Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul KEANEKARAGAMAN GASTROPODA DI PERAIRAN MUARA SUNGAI MANGGAR KOTA BALIKPAPAN PROVINSI KALIMANTAN TIMUR
Pengarang HORAS ARMEDAN RITONGA - Personal Name
No. Panggil
Subyek Kata Kunci: Gastropoda, Keanekaragaman, Pantai Man
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua