Detail Cantuman Kembali
DENNY APRIL SIMORANGKIR - Personal Name

PERAN PENYULUH PERIKANAN PADA KELOMPOK NELAYAN TANGKAP DI DESA SUNGAI MARIAM KECAMATAN ANGGANA KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA


Denny April Simorangkir. 2020. Peran Penyuluh Perikanan Pada Kelompok Nelayan Tangkap Di Desa Sungai Mariam Kecamatan Anggana Kabupaten Kutai Kartanegara (dibimbing oleh Qoriah Saleha dan Oon Darmansyah).
Tujuan penelitian untuk ’’ mengetahui peran penyuluh perikanan pada kelompok nelayan tangkap di Desa Sungai Meriam, Kecamatan Anggana, Kabupaten Kutai Kartanegara. Penelitian ini dilaksanakan selama 7 (tujuh) bulan, terhitung dari bulan Juli 2019 hingga Desember 2019, Penentuan sampel secara sensus, yakni seluruh anggota kelompok nelayan tangkap yang berjumlah 48 orang dari 3 kelompok dan 1 penyuluh perikanan dijadikan responden. Penelitian ini bersifat deskritif yaitu metode untuk mengetahui dan memberikan gambaran mengenai data primer, data skunder, yang telah dikumpulkan. Setelah data-data dapat dikumpulkan dan diolah yakni dengan membuat uraian dan deskripsi serta beberapa data berupa angka-angka ditabulasi. Selain itu, jawaban pilihan responden dari pertanyaan yang ada di kuesioner akan diberi skor yang berpedoman pada skala likert yang dalam setiap pertanyaan ada 3 jawaban pilihan, kategori jawaban tertinggi diberi angka skor 3 dan jawaban terendah diberi skor 1.
Hasil penelitian dilapangan ‘’Peran penyuluh perikanan sebagai motivator, edukator, katalisator, organisator, komunikator, penasehat berada pada kategori tinggi dan secara kumulatif peran penyuluh perikanan pada kelompok nelayan tangkap di Desa Sungai Mariam Kecamatan tinggi dengan nilai rata-rata skor kumulatif 56,65. Dengan demikian keberadaan penyuluh perikanan pada kelompok nelayan tangkap di Desa Sungai Mariam Kecamatan Anggana Kabupaten Kutai Kartanegara dapat dikatakan sangat berperan.
Kata Kunci: Peran Penyuluh, Nelayan, Desa Sungai Mariam



Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PERAN PENYULUH PERIKANAN PADA KELOMPOK NELAYAN TANGKAP DI DESA SUNGAI MARIAM KECAMATAN ANGGANA KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA
Pengarang DENNY APRIL SIMORANGKIR - Personal Name
No. Panggil
Subyek Kata Kunci: Peran Penyuluh, Nelayan, Desa Sungai M
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua