Detail Cantuman Kembali
JEMI MARTHIN - Personal Name

PENGARUH EKSTRAK DAUN KETAPANG (Terminalia catappa L.) TERHADAP AKTIVITAS ENZIM PENCERNAAN DUODENUM MENCIT (Mus musculus) DIABETES



Jemi Marthin. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Mulawarman. 2020. Pengaruh Ekstrak Daun Ketapang (Terminalia catappa L.)
Terhadap Aktivitas Enzim Pencernaan Duodenum Mencit (Mus musculus) Diabetes. Dibimbing oleh Rudy Agung Nugroho, M.Si, Ph.D dan Dr. Retno Aryani, S.Si, M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian ekstrak daun ketapang (125 mg/kg BB, 250 mg/kg BB, 500 mg/kg BB dan 750 mg/kg BB) terhadap aktivitas enzim pencernaan duodenum mencit diabetes. Penelitian ini menggunakan 30 mencit jantan berumur 2 bulan dengan jumlah kelompok 10 unit yang terdiri dari 1 kelompok kontrol negatif (K-), 1 kelompok kontrol positif (K+) dan 8 kelompok perlakuan. Masing-masing kelompok terdiri atas 3 ulangan.
Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa pada aktivitas enzim amilase mencit tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok kontrol negatif (K-), kontrol positif (K+) dan semua kelompok perlakuan. Aktivitas enzim lipase mencit tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok kontrol negative (K-), kontrol positif (K+) dan sebagian besar kelompok perlakuan, akan tetapi pada kelompok mencit dengan dosis 750 mg/kg BB daun hijau menunjukkan nilai aktivitas enzim lipase yang paling tinggi dan pada kelompok mencit dengan dosis 250 mg/kg BB daun kering menunjukkan nilai aktivitas enzim lipase yang paling rendah. Aktivitas enzim protease mencit tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok kontrol negatif (K-), kontrol positif (K+) dan sebagian besar kelompok perlakuan. Namun kelompok mencit dengan dosis 500 mg/kg BB daun kering menunjukkan, bahwa aktivitas lipase mengalami penghambatan sehingga nilai aktivitas mengalami penurunan.
Kata kunci : Mus musculus, Terminalia catappa L., Amilase, Lipase, Protease.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH EKSTRAK DAUN KETAPANG (Terminalia catappa L.) TERHADAP AKTIVITAS ENZIM PENCERNAAN DUODENUM MENCIT (Mus musculus) DIABETES
Pengarang JEMI MARTHIN - Personal Name
No. Panggil
Subyek Kata kunci : Mus musculus, Terminalia catappa L.,
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit
Jurusan BIOLOGI
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua