KETERAMPILAN SISWA DALAM MERAKIT KABEL STRAIGHT PADA MATA PELAJARAN JARINGAN DASAR DI KELAS X MULTIMEDIA SMK NEGERI 20 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2017/2018
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan siswa dalam merakit kabel straight pada mata pelajaran jaringan dasar yang dilakukan di SMK Negeri 20 Samarinda tahun ajaran 2017/2018.
Penelitian ini bersifat kualitatif, Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Multimedia yang berjumlah 32 siswa, sedangkan objek penelitian ini adalah keterampilan siswa dalam merakit kabel straight pada mata pelajaran jaringan.
Berdasarkan tujuan dan kepentingan yang diperlukan dalam melengkapi data penelitian, kegiatan penelitian ini meliputi: observasi atau pengamatan yang digunakan untuk mengetahui aktivitas siswa dalam proses belajar mengajar siswa di kelas, tes praktik digunakan untuk mengetahui keterampilan siswa dalam merakit kabel straight pada mata pelajaran jaringan, wawancara digunakan untuk mengetahui faktor penyebab terampil atau kurang terampilnya siswa. Teknis analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, teknik keabsahan data yaitu triangulasi.
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dari 32 siswa, disimpulkan bahwa 5 siswa dikategorikan sangat terampil dengan persentase 16%, 14 siswa dikategorikan terampil dengan persentase 44%, 10 siswa dikategorikan cukup terampil dengan persentase 31%, dan 3 siswa dikategorikan kurang terampil dengan persentase 9%.
Kata Kunci: keterampilan siswa, merakit kabel straight
Ketersediaan
Detail Information
Judul | KETERAMPILAN SISWA DALAM MERAKIT KABEL STRAIGHT PADA MATA PELAJARAN JARINGAN DASAR DI KELAS X MULTIMEDIA SMK NEGERI 20 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2017/2018 |
---|---|
Pengarang | YUSRIFAL BAHRI - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | Kata Kunci: keterampilan siswa, merakit kabel stra |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2019 |
Penerbit | |
Jurusan | Pendidikan Matematika Konsentrasi Pendidikan Ilmu Komputer |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY