Detail Cantuman Kembali
AHMAD IHZAN - Personal Name

STUDI EFEKTIVITAS WAKTU PEMUPUKAN DAN JENIS PUPUK PADA TANAMAN TOMAT (Lycopersicum esculentum Mill.)

AHMAD IHZAN. Studi Efektivitas Waktu Pemupukan dan Jenis Pupuk Pada Tanaman Tomat (Lycopersicum escilentum Mill.). Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman, 2019. (Dibawah bimbingan Eliyani dan Odit Ferry Kurniadinata).
Pemupukan merupakan salah satu upaya yang ditempuh untuk memaksimalkan hasil pada tanaman dengan memperhatikan beberapa faktor penting pemupukan seperti waktu pemupukan dan jenis pupuk yang tepat. Pemberian pupuk yang baik hendaknya disesuaikan kapan tanaman tersebut membutuhkan dan jenis pupuk apa yang dibutuhkan oleh tanaman.
Tomat (Lycopersicum esculentum Mill.) merupakan satu komoditas sayuran yang diusahakan oleh petani di Indonesia yang multiguna, selain sebagai sayuran dan bahan baku makanan juga digunakan sebagai bahan baku industri obat-obatan dan kosmetik.
Penelitian bertujuan untuk mengetahui waktu pemberian dan jenis pupuk terbaik, serta interaksi antara kedua faktor tersebut terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman tomat.
Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret sampai Juni 2019 di Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman, Kecamatan Samarinda Ulu, Kota Samarinda.
Penelitian merupakan percobaan faktorial 5x3 disusun dalam Rancangan Acak Kelompok dengan tiga ulangan. Faktor pertama adalah waktu pemupukan terdiri atas lima taraf, yaitu: 1 minggu sebelum tanam, pada saat tanam, 2 minggu setelah tanam, 4 minggu setelah tanam dan 6 minggu setelah tanam. Faktor kedua adalah jenis pupuk terdiri atas 3 jenis, yaitu: NPK Mutiara (16:16:16), pupuk kandang sapi dan NPK Mutiara (16:16:16) + pupuk kandang sapi. Variabel yang diamati meliputi: Pertambahan tinggi tanaman, Umur tanaman saat berbunga, Jumlah bunga, Jumlah buah, Berat buah pertanaman, Rata-rata berat buah, Panjang akar terpanjang, Total panjang akar, Berat basah akar, Berat kering akar, Berat basah tanaman dan Berat kering tanaman. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan sidik ragam dan Uji Beda Nyata Terkecil (BNT) pada taraf 5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat interaksi yang nyata antara waktu pemupukan dan jenis pupuk yang mampu mempercepat umur tanaman berbunga, sedangkan variabel pengamatan lainnya tidak terjadi interaksi yang nyata. Umur tanaman berbunga tercepat dicapai pada pemberian pupuk kandang sapi seminggu sebelum tanam, pemberian kombinasi pupuk NPK + pupuk kandang sapi seminggu sebelum tanam dan saat tanam. Waktu pemupukan terbaik adalah pada saat tanam dan jenis pupuk terbaik adalah pada pupuk kandang sapi.

Kata kunci: pupuk kandang sapi, pupuk NPK, tanaman tomat, waktu pemupukan

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul STUDI EFEKTIVITAS WAKTU PEMUPUKAN DAN JENIS PUPUK PADA TANAMAN TOMAT (Lycopersicum esculentum Mill.)
Pengarang AHMAD IHZAN - Personal Name
No. Panggil
Subyek pupuk kandang sapi, pupuk NPK, tanaman tomat, wakt
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua