Detail Cantuman Kembali
KANA MATAWIYAH - Personal Name

HUBUNGAN FAKTOR KEPERCAYAAN DIRI DAN MOTIVASI DENGAN KINERJA KADER POSYANDU BALITA DALAM PROGRAM KESEHATAN IBU PUSKESMAS BONTANG SELATAN II KOTA BONTANG



Kematian ibu sebagian besar dapat dicegah apa bila komplikasi yang terjadi segera mendapatkan pelayanan berkualitas. Upaya penurunan Kematian Ibu melalui program kesehatan ibu di Posyandu diselenggarakan dan digerakkan oleh kader posyandu.
Studi ini untuk mengetahui hubungan faktor kepercayaan diri dan motivasi dengan kinerja kader posyandu balita dalam program kesehatan ibu di wilayah kerja Puskesmas Bontang Selatan II Kota Bontang Tahun 2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitik dengan menggunakan pendekatan cross sectional.
Jumlah populasi 86 kader subjek penelitian 71 kader dengan kriteria meliputi bersedia untuk menjadi responden dan kader melaksanakan pendampingan ibu hamil hingga nifas per RT.
Hasil uji variabel yaitu: kader memiliki kinerja baik 37 responden (52,1%), memiliki motivasi kuat 39 responden (54,9%) dan memiliki kepercayaan diri tinggi 44 responden (62%). Uji koefisien korelasi spearman menggunakan alfa = 0,05 dan membandingkan dengan nilai median didapatkan ada hubungan yang signifikan antara motivasi dan kepercayaan diri terhadap kinerja kader posyandu dengan nilai P value < 0,001, jenis
hubungan searah dengan tingkat kekuatan hubungan cukup kuat pada motivasi (0,441) sedangkan kepercayaan diri kekuatan hubungan kuat (0,686).
Kesimpulan ada hubungan faktor kepercayaan diri dan motivasi dengan kinerja kader posyandu balita dalam program kesehatan ibu di wilayah kerja Puskesmas Bontang Selatan II Kota Bontang Tahun 2019. Saran Instansi terkait diharapkan menjaga kualitas kinerja kader dengan pelatihan, pembinaan dan penghargaan kader.
Kata Kunci : Posyandu, Kinerja, Motivasi, Kepercayaan Diri.
Kepustakaan : 23, (1994-2019)




Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul HUBUNGAN FAKTOR KEPERCAYAAN DIRI DAN MOTIVASI DENGAN KINERJA KADER POSYANDU BALITA DALAM PROGRAM KESEHATAN IBU PUSKESMAS BONTANG SELATAN II KOTA BONTANG
Pengarang KANA MATAWIYAH - Personal Name
No. Panggil
Subyek Kata Kunci : Posyandu, Kinerja, Motivasi, Kepercay
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit Fakultas Kesehatan Masyarakat
Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat.
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua