Detail Cantuman Kembali
DWI NOVIANI - Personal Name

HUBUNGAN KONSENTRASI SILIKA (SiO2), LAMA PAJANAN, ALAT PELINDUNG DIRI, RIWAYAT PENYAKIT PARU PEKERJA, SUHU UDARA (ISBB), KELEMBAPAN DENGAN KELUHAN PENYAKIT SILIKOSIS PADA PEKERJA PENGANTONGAN SEMEN PT. X PALARAN SAMARINDA

Hubungan Konsentrasi Silika (SiO2), Lama Pajanan, Alat Pelindung Diri, Riwayat Penyakit Paru Pekerja, Suhu Udara (ISBB), Kelembapan Dengan Keluhan Penyakit Silikosis Pada Pekerja Pengantongan Semen PT. X Palaran Samarinda (Pembimbing Andi Anwar,SKM.,M.Kes dan Siswanto, S.Pd.,M.Kes)
Debu Silika (SiO2) merupakan salah satu bahan pencemar udara yang dihasilkan dari pabrik semen yang dapat menyebabkan penyakit Silikosis. Silikosis merupakan penyakit dari golongan Pneumoconiosis disebabkan terhirupnya debu silika. Faktor risiko penyakit Silikosis yaitu lingkungan kerja yang terpapar debu silika,lama pajanan kumulatif dari debu silika,lama bekerja dan jenis pekerjaan berpengaruh terhadap kejadian Silikosis.Pemerintah Indonesia melalui Permenaker RI No.5 tahun 2018 memberikan batasan konsentrasi silika respirabel sebesar 3 mg/m3. Hasil wawancara pada beberapa pekerja, ada pekerja yang mengalami keluhan sesak nafas, nyeri dada, batuk, dan kulit kebiruan.
Tujuan penelitian untuk mengetahui konsentrasi Silika (SiO2),lama pajanan, APD, riwayat penyakit paru pekerja,suhu udara (ISBB), kelembapan dengan keluhan penyakit Silikosis pada pekerja pengantongan Semen PT. X Palaran Samarinda.Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei 2019 menggunakan metode pendekatan Cross Sectional dengan sampel berjumlah 65 pekerja. Sumber data diperoleh dari data primer (kuesioner dan pengukuran). Pengukuran konsentrasi Silika (SiO2), suhu udara (ISBB) dan kelembapan dilakukan di 3 titik pengukuran. Uji statistik yang digunakan yaitu Spearman Rank. Sampling dan pengujian Silika (SiO2) dilakukan dengan metode NIOSH 7500 (2003).
Hasil penelitian menunjukkan konsentrasi Silika (SiO2) tertinggi di area Belt Conveyor sebesar 12,0856 mg/m3,serta 24 pekerja mengalami keluhan penyakit Silikosis. Terdapat hubungan antara konsentrasi Silika (SiO2) dan riwayat penyakit paru pekerja dengan keluhan penyakit Silikosis. Tidak terdapat hubungan antara lama pajanan,APD,suhu udara (ISBB),kelembapan dengan keluhan penyakit Silikosis.
Perlu dilakukan peningkatan pengetahuan bahaya Silika (SiO2), penggunaan dust respirator, melakukan Medical Check Up pada pekerja dan penerapan hidup sehat pekerja.

Kata Kunci : Debu Silika (SiO2),lama pajanan,APD,suhu udara (ISBB),
kelembapan, keluhan Silikosis, pengantongan semen
Daftar Pustaka : 43 (2002-2018)

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul HUBUNGAN KONSENTRASI SILIKA (SiO2), LAMA PAJANAN, ALAT PELINDUNG DIRI, RIWAYAT PENYAKIT PARU PEKERJA, SUHU UDARA (ISBB), KELEMBAPAN DENGAN KELUHAN PENYAKIT SILIKOSIS PADA PEKERJA PENGANTONGAN SEMEN PT. X PALARAN SAMARINDA
Pengarang DWI NOVIANI - Personal Name
No. Panggil
Subyek kelembapan, keluhan Silikosis, pengantongan semen
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit Fakultas Kesehatan Masyarakat
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua