Detail Cantuman Kembali
Fatimah Soraya Pratiwi - Personal Name

KARAKTERISTIK HABITAT DAN SUMBER PAKAN BEKANTAN (Nasalis larvatus Wurmb) DI HUTAN RAWA AIR TAWAR DESA MUHURAN, KUTAI KARTANEGARA, KALIMANTAN TIMUR

Fatimah Soraya Pratiwi. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Mulawarman, 2019. Karakteristik Habitat dan Sumber Pakan Bekantan (Nasalis larvatus Wurmb) di Hutan Rawa Air Tawar Desa Muhuran, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Dibimbing oleh Dr. Medi Hendra, M.Si. dan Dr. Jusmaldi, M.Si.

Habitat populasi bekantan di wilayah Kalimantan Timur salah satunya terletak di Desa Muhuran yang merupakan kawasan hutan rawa air tawar yang kondisinya telah terbuka akibat adanya jalan penghubung antara Kota Bangun dengan Kembang Janggut. Akibat dibukanya jalan tersebut dikhawatirkan akan menyebabkan kerusakan pada beberapa vegetasi air tawar yang menjadi tempat beraktivitas bagi populasi bekantan, salah satu satwa endemik dan dilindungi.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik habitat dan jenis sumber pakan bekantan di Hutan Rawa Air Tawar Desa Muhuran, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Penelitian dilaksanakan pada bulan April 2019. Metode yang digunakan untuk sumber pakan adalah pengamatan langsung pada pagi hari pukul 06.00 – 09.00 WITA dan sore hari pada pukul 15.00 – 18.00 WITA dengan memerhatikan tiga bagian tumbuhan yang dikonsumsi, yaitu daun, bunga dan buah serta membuat diagram profil arsitektur pohon. Hasil yang didapatkan adalah karakteristik habitat di lokasi tersebut memiliki vegetasi yang terfragmentasi dan tidak rapat dengan strata tajuk bervariasi dari 13 m hingga 22 m. Terdapat 23 jenis tumbuhan sebagai sumber pakan bekantan yang ditemukan dan intensitas teramati lebih sering dimakan adalah dua jenis pohon utama yaitu Dillenia excelsa dan Gluta renghas. Persentase bagian tumbuhan yang dimakan adalah 71,9% mengkonsumsi bagian daun, 15,6% bagian bunga dan 12,5% bagian buah. Terdapat 9 jenis pohon yang digunakan bekantan sebagai pohon tidur. Jauh jelajah bekantan yang dicatat terdiri dari 10 titik dengan total jarak sekitar 4203.186 m selama pengamatan.
Kata kunci: habitat, pakan, hutan rawa, bekantan

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul KARAKTERISTIK HABITAT DAN SUMBER PAKAN BEKANTAN (Nasalis larvatus Wurmb) DI HUTAN RAWA AIR TAWAR DESA MUHURAN, KUTAI KARTANEGARA, KALIMANTAN TIMUR
Pengarang Fatimah Soraya Pratiwi - Personal Name
No. Panggil
Subyek habitat, pakan, hutan rawa, bekantan
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua