PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS TEKS CERPEN DENGAN METODE CERPEN-GRAM UNTUK SISWA KELAS IX DI KECAMATAN MUARA WAHAU
Rajja, 2019. Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Cerpen dengan Metode
Cerpen-Gram untuk Siswa SMP Negeri 2 Kelas IX di Kecamatan Muara Wahau. Tesis. Program Pasca Sarjana Pendidikan Bahasa Indonesia. FKIP. Universitas Mulawarman, Samarinda. Pembimbing 1; Prof. Dr. M. Bahri Arifin, M.Hum Pembimbing II; Dr H. Mursalim, M.Hum
Pengmbangan bahan ajar dilaksanakan berdasarkan suatu proses yang sistematik agar kesahihan dan kepercayaan bahan ajar dapat dijamin. Penulis bertujuan untuk meneliti pengembangan bahan ajar menulis tek cerpen dengan metode cerpen gram untuk siswa siswa SMPN kelas IX di Kecamatan Muara Wahau ruang lingkup pengembangan ini dibatasi hanya perencanaan, materi, dan evaluasi dalam proses pengembangan bahan ajar.metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah research and development (R&D), dengan menggunakan desain penelitian pengembangan Brog dan Gallyakni tahap: 1) pengumpulan informasi, 2) perencanaan, 3) pengembangan produk awal, 4) uji coba lapangan awal, 5) revisi hasi uji coba lapan awal, 6) uji coba lapangan utama, 7) revisi terhadap uji coba lapangan utama, 8) uji coba lapangan oprasional, 9) Produk akhir. Sumber data yang menjadi objek penelitin ini adalah siswa kelas IX SMPN 2 Muara Wahau. Perencanaan pengembangan bahan ajar dilakukan dengan menganalisis kebutuhan siswa, kendala yang dihadapi siswa, mempersiapkan perangkap pembelajaran berupa Silabus, RPP, materi, alat evaluasi dan penyusunan langkah-langkah pembelajaran dengan metode cerpen-Gram. Pengembangan bahan ajar menulis teks cerpen ini dinyatakan sangat layak melalui uji ahli materi (95, 83 %), ahli metode menyatakan sangat layak (82,81%), praktisi pendidikan menyatakan sangat layak (87,5%) dengan kategori yang sama yakni sangat layak. Uji coba kelopok kecil (88,2%), kelompok besar (88,13%), hasil respon siswa ujicoba kelompok kecil dan besar (86,93%), dan penilaian perencanaan dinyatakan sangat layak (84,66) pengamat 1, pengamat 2 (88,33) dengan kategori sangat layak. penilaian pelaksanaan (89,22%) oleh pengamat 1 dan pengamat 2 (91,13%) Pengembangan bahan ajar menulis teks cerpen dengan metode cerpen-Gram untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan hasil (88, 13%). Produk bahan ajar menulis teks cerpen ini dapat dijadikan sumber penunjang dalam proses pembelajaran dan sebagai sumber belajar alternatif secara mandiri oleh peserta didik sehingga lebih termotivasi untuk belajar. Produk bahan ajar menulis teks cerpen dapat diseminasikan pada sekolah-sekolah lain di Kecamatan Muara Wahau.
Kata kunci: Bahan ajar, menulis cerepn, metode Cerpen-Gram
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS TEKS CERPEN DENGAN METODE CERPEN-GRAM UNTUK SISWA KELAS IX DI KECAMATAN MUARA WAHAU |
---|---|
Pengarang | RAJJA - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | Bahan ajar, menulis cerepn, metode Cerpen-Gram |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2019 |
Penerbit | |
Jurusan | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY