INTERAKSI SOSIAL GURU DENGAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM PENDIDIKAN KETERAMPILAN DI SEKOLAH LUARBIASA UNTUNG TUAH SAMARINDA
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interaksi guru dengan anak berkebutuhan khusus dalam pendidikan keterampilan di Sekolah Luar Biasa Untung Tuah Samarida.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, metode dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara mendalam kepada guru yang mengajar pendidikan keterampilan di Sekolah Luar Biasa Untung Tuah Samarinda. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, 4 orang guru pendidikan keterampilan dan anak berkebutuhan khusus. Teknik pengumpulan data yakni studi kepustakaan, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1.Intensitas waktu pengajaran pendidikan keterampilan di Sekolah Luar Biasa Untung Tuah kurang baik karena 90 menit dalam 1 kali pertemuan merupakan waktu yang sangat singkat untuk menyelesaikan materi pembelajaran, meskipun demikian hal ini tidak mempengaruhi interaksi sosial guru dengan anak berkebutuhan khusus. 2.Frekuensi pertemuan guru dengan siswa dalam pendidikan keterampilan disekolah sudah baik dalam 1 minggu guru dan anak berkebutuhan khusus bertemu 1 kali sehingga total pertemuan dalam 1 semester sebanyak 24 kali pertemuan.
Penelitian ini menyarankan agar waktu pertemuan pendidikan keterampilan di tambah dan Dinas Pendidikan Kota Samarinda melakukan pembaharuan kurikulum dengan waktu yang lebih panjang.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | INTERAKSI SOSIAL GURU DENGAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM PENDIDIKAN KETERAMPILAN DI SEKOLAH LUARBIASA UNTUNG TUAH SAMARINDA |
---|---|
Pengarang | SOPIA LORENTINA SIHOTANG - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | Interaksi Sosial, Guru, Anak Berkebutuhan Khusus |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2017 |
Penerbit | |
Jurusan | Sosiologi |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY