PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MEMUDAHKAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 8 SAMARINDA (MATERI : Usaha dan Energi)
Model problem based learning merupakan model pembelajaran yang dirancang dan dikembangkan untuk mengembangkan kemampuan peserta didik dalam menghadapi permasalahan dalam pembelajaran dengan menggunakan konteks masalah dunia nyata. Penelitian ini bertujuan untuk memudahkan pemahaman konsep fisika siswa dengan menggunakan model problem based learning terhadap hasil belajar fisika. Kemampuan pemecahan masalah merupakan kemampuan yang dimiliki siswa untuk menemukan jawaban dari masalah yang dihadapi dengan pengetahuan, keterampilan dan pemahamannya. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 8 Samarinda tahun ajaran 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA 1 sebanyak 35 siswa. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Pengambilan data menggunakan teknik tes tertulis. Analisis data menggunakan Rata-rata dan N-Gain. Pre-test hasil belajar siswa 56, termasuk dalam kategori sangat kurang dan post-test 76 dalam kategori sedang. Dan N-Gain rata-rata sebesar 44% dengan kategori sedang. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan setelah diterapkan model problem based learning.
Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah, Hasil Belajar
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MEMUDAHKAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 8 SAMARINDA (MATERI : Usaha dan Energi) |
---|---|
Pengarang | IRMANSYAH - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | Model Problem Based Learning, Kemampuan Pemecahan |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2019 |
Penerbit | |
Jurusan | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY