PENGEMBANGAN ASPEK SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI 5-6 TAHUN DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHAFAL SANGA-SANGA
Pengembangan Sosial-Emosional anak-anak usia dini dirasakan sangat penting demi perkembangan kestabilan jiwa mereka di masa mendatang. Tujuan penelitian adalah: 1) Mendesian pengembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun pada area bermain peran di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Sanga-sanga. 2) Melihat pelaksanaan pengembangan sosial emosional pada bermain peran di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Sanga-sanga. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan cara mengobservasi subyek penelitian yaitu guru, anak-anak didik. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa semua sikap sosial emosional anak didik: percaya diri, taat aturan, mau menunggu giliran dan mau mendengarkan orang lain bicara, mandiri, dan bertanggung jawab semuanya mampu ditumbuh-kembangkan secara signifikan sejak hari pertama masuk sekolah di TK Aisyiyah Bustanul Athfal. Persepsi yang diperoleh dari hasil wawancara terhadap guru-guru di TK ini mengungkapkan bahwa pembentuk sikap di usia dini merupakan hal yang lebih utama dibandingkan pengembangkan kemampuan akademis baca, tulis, berhitung. Kesimpulan yang diperoleh adalah semua kemampuan dasar sosial emosional anak didik yang ditumbuh-kembangkan di TK Aisyiyah Bustanul Athfal dilakukan dengan cara persuasif oleh guru-guru pengasuh dan melalu media bermain dimana anak-anak didik digiring secara tidak sadar untuk mengubah sikap sosial emosional mereka menjadi lebih baik.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGEMBANGAN ASPEK SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI 5-6 TAHUN DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHAFAL SANGA-SANGA |
---|---|
Pengarang | MARATUS SOLICHAH - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | Sikap Sosial Emosional, Usia 5-6 tahun |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2017 |
Penerbit | |
Jurusan | MAGISTER KEPENDIDIKAN |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY