Detail Cantuman Kembali
SAMUEL - Personal Name

PENENTUAN HARGA JUAL KOPI PADA CAFE BLACK BIRD COFFEE BAR DI SAMARINDA

Secara umum suatau perusahaan didirikan memiliki tujuan untuk dapat menghasilkan laba yang sebesar-besarnya dan meningkatkan profitabilitas, sehingga dapat menjaga kelangsungan hidup perusahaan. Harga jual yang terlalu tinggi akan menjadikan produk kurang bersaing di pasar, sementara harga jual yang terlalu rendah tidak akan memberikan keuntungan kepada perusahaan.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Café Black Bird Coffee Bar belum maksimal dalam menentukan harga jual, Café Black Bird Coffee Bar hanya menentukan harga jual kopi dari penggunaan bahan baku dan tenaga kerja saja.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya harga jual kopi menggunakan perhitungan metode Cost-Plus Pricing dengan pendekatan Full Costing.
Harga jual dari Café Black Bird Coffee Bar, harga jual dengan jenis kopi V60 adalah sebesar Rp. 25.000, Aeropress sebesar Rp. 25.000, Syphon sebesar Rp. 25.000, Cappucino sebesar Rp. 23.000, dan harga jual kopi dengan jenis Café Latte adalah sebesar Rp. 23.000.
Hasil penelitian menunjukkan harga jual dari Café Black Bird Coffee Bar hanyalah harga jual relatif yaitu harga jual yang hanya mengikuti harga pasar. Harga jual menggunakan dengan metode Cost Plus Pricing menggunakan pendekatan Full Costing lebih tinggi dibandingkan dengan metode yang telah Café Black Bird Coffee Bar tetapkan sebelumnya yaitu dengan kopi jenis kopi V60 Rp. 32.222, Aeropress sebesar Rp. 32.213, Syphon sebesar Rp. 32.325, Cappucino sebesar Rp. 40.491, dan harga Café Latte adalah sebesar Rp. 40.593.
Dengan selisih antara harga yang di tetapkan oleh Café Black Bird Coffee Bar dengan metode Cost Plus Pricing dengan pendekatan Full Costing adalah untuk kopi dengan jenis V60 adalah Rp. 7.222, Aeropress sebesar Rp. 7.213, Syphon Rp. 7.325, Cappucino sebesar Rp. 17.491, serta Café Latte Rp. 17.593.
Perusahaan sebaiknya menggunakan metode Cost Plus Pricing dengan pendekatan Full Costing dalam menghitung harga jual sehingga perusahaan dapat mengetahui berapa besar biaya yang sesunggunya dikeluarkan oleh perusahaan dalam proses kegiatan produksi.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENENTUAN HARGA JUAL KOPI PADA CAFE BLACK BIRD COFFEE BAR DI SAMARINDA
Pengarang SAMUEL - Personal Name
No. Panggil
Subyek Cost Plus Pricing, Full Costing
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2017
Penerbit
Jurusan PENDIDIKAN IPS
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua