Detail Cantuman Kembali

PENGARUH KECEMASAN SISWA DAN AKTIVITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI KELAS VII SMP NEGERI 34 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2016/2017

Jenis penelitian adalah Ex Post Facto yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecemasan siswa dan aktivitas belajar terhadap hasil belajar matematika siswa di kelas VII SMP Negeri 34 Samarinda. Dalam penelitian terdapat dua variabel bebas, yaitu kecemasan siswa ( ) dan aktivitas belajar ( ) dan satu variabel terikat yaitu hasil belajar matematika siswa (Y).
Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 34 Samarinda yang berjumlah 197 siswa. Dengan menggunakan teknik cluster random sampling diperolehlah sampel untuk penelitian ini dengan jumlah 156 siswa. Instrumen angket kecemasan siswa dan aktivitas belajar serta tes hasil belajar matematika yang digunakan dalam penelitian ini diuji cobakan terlebih dahulu pada salah satu kelas yang bukan merupakan sampel penelitian, yaitu kelas VIIB siswa SMP Negeri 34 Samarinda Tahun Ajaran 2016/2017. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan taraf signifikan (α) sebesar 0,050. Analisis data dilakukan dengan menggunakan program SPSS 21.0.
Berdasarkan perhitungan analisis deskriptif dapat diketahui bahwa ratarata skor untuk variabel kecemasan siswa adalah 57,50 tergolong kategori sedang, rata-rata skor untuk variabel aktivitas belajar adalah 51,73 tergolong kategori sedang dan rata-rata skor untuk variabel hasil belajar matematika adalah 52,27 tergolong kategori sedang. Dari hasil analisis inferensial, diperoleh persamaan regresi dugaan ialah Ŷ = 16.961+ 0,299 + 0,351 dengan nilai =9,967 dan nilai probabilitas (sig. F) ialah 0,000. Karena yaitu 9,967 > 2,660 atau (sig. F) yaitu 0,000 < 0,050 maka persamaan regresi dugaan yang diperoleh berarti. Nilai = 0,115 menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa dipengaruhi oleh kecemasan siswa dan aktivitas belajar sebesar 11,5%. Untuk variabel kecemasan siswa (X1) diperoleh nilai =2,722 dan nilai probabilitas (sig. t) ialah 0,000 karena yaitu 2,722 > 1,645 atau (sig. t) yaitu 0,000 < 0,050 maka terdapat pengaruh kecemasan siswa terhadap hasil belajar matematika. Sedangkan, untuk variabel aktivitas belajar (X2) diperoleh nilai =3,913 dan nilai probabilitas (sig. t) ialah 0,000 karena yaitu 3,913 > 1,645 atau (sig. t) yaitu 0,000 < 0,050 maka terdapat pengaruh aktivitas belajar terhadap hasil belajar matematika.
Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kecemasan siswa dan aktivitas belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 34 Samarinda tahun ajaran 2016/2017.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH KECEMASAN SISWA DAN AKTIVITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI KELAS VII SMP NEGERI 34 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2016/2017
Pengarang AMYLIA HERMAYA HINGGARWATI - Personal Name
No. Panggil
Subyek kecemasan siswa, aktivitas belajar
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2017
Penerbit
Jurusan Pendidikan MIPA
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPA. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua