Detail Cantuman Kembali
AULIA RAMADHANI - Personal Name

PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2016/2017

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fasilitas belajar dan disiplin belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 2 Samarinda tahun ajaran 2016/017.
Jenis penelitian adalah Ex Post Facto. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Samarinda yang berjumlah 360 siswa, dengan sampel sebanyak 186 siswa yang diambil secara random melalui metode Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket untuk memperoleh data fasilitas belajar dan disiplin belajar dan tes untuk memperoleh data hasil belajar matematika pada materi bentuk aljabar.
Berdasarkan hasil analisis deskriptif diperoleh skor rata-rata fasilitas belajar di rumah sebesar 70,513 termasuk kategori sedang, skor rata-rata disiplin belajar sebesar 71,437 termasuk kategori sedang, dan nilai rata-rata hasil belajar matematika sebesar 45,433 termasuk kategori sangat rendah. Berdasarkan hasil analisis menggunakan analisis jalur (path analysis) diperoleh persamaan sub struktural 1 yaitu X_2=0,402X_1+0,838 dan persamaan sub struktural 2 yaitu Y=0,160X_1+ 0,158X_2+0,929. Pada persamaan sub struktural 1 diperoleh taraf signifikan statistik = 0,000. Sedangkan untuk persamaan sub struktural 2 diperoleh taraf signifikan statistik = 0,001. Karena taraf signifikan statistik sub struktural 1 dan 2 < taraf signifikan pengujian, maka persamaan sub struktural 1 dan 2 berarti. Sehingga terdapat pengaruh fasilitas belajar di rumah terhadap disiplin belajar dan terdapat pengaruh secara simultan fasilitas belajar di rumah dan disiplin belajar terhadap hasil belajar matematika. Karena persamaan sub struktural 2 berarti, maka dilanjutkan dengan uji parsial. Pada variabel fasilitas belajar di rumah diperoleh taraf signifikan statistik = 0,031 dan untuk variabel disiplin belajar diperoleh taraf signifikan statistik = 0,033. Karena taraf signifikan statistik kedua variabel < taraf signifikan pengujian, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh fasilitas belajar di rumah terhadap hasil belajar matematika dan terdapat pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar matematika

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2016/2017
Pengarang AULIA RAMADHANI - Personal Name
No. Panggil
Subyek FASILITAS BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2017
Penerbit
Jurusan Pendidikan MIPA
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua