Detail Cantuman Kembali

IMPLEMENTASI CONVENTION ON THE ELIMINATION OF ALL FORMS OF DISCRIMINATION AGAINST WOMEN (CEDAW) DI INDONESIA DALAM KETERWAKILAN POLITIK PEREMPUAN DI KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Hendrika Ma’aike Wijaya, NIM 1302045069, judul skripsi “Implementasi Convention On The Elimination Of All Forms Of Discrimination Against Women (Cedaw) Di Indonesia Dalam Keterwakilan Politik Perempuan Di Kabupaten Kutai Kartanegara”, di bawah bimbingan Ibu Enny Faturachmi, S.IP, M.Si. Program Studi Ilmu Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman, 2018.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan implementasi ratifikasi CEDAW di Indonesia dalam keterwakilan politik perempuan di Kabupaten Kutai Kartanegara periode 2004-2014. Dalam penelitian ini penulis menggunakan konsep gender dan konsep kebijakan publik untuk melakukan analisis dalam penelitian ini. Dan untuk mencapai tujuan penelitian tersebut, maka metode penelitian yang digunakan adalah tipe penelitian deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui studi pustaka (library research). Sedangkan untuk menganalisis data menggunakan teknik analisis kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Konvensi CEDAW dalam meningkatkan keterwakilan politik perempuan di Kutai Kartanegara melalui UU No. 7 tahun 1984 tentang penghapusan segala bentuk diskriminasi terhadap wanita dan di wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara telah mengimplementasikan CEDAW yang dapat dibuktikan secara yuridis dengan adanya penerapan UU No. 12 Tahun 2013 tentang Pemilihan Umum DPR, DPD dan DPRD, serta Perda Kabupaten Kutai Kartanegara No. 22 Tahun 2016 tentang Pengarustamaan Gender dalam Pembangunan sebagai dasar hukum penerapan program-program seperti Affirmative Action, Zipper System, dan PKPU No.7 Tahun 2013, namun dalam kedudukan di kursi legislatif belum tercapai hingga kuota 30%.

Kata Kunci: Implementasi, Indonesia, CEDAW, Keterwakilan Politik Perempuan.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul IMPLEMENTASI CONVENTION ON THE ELIMINATION OF ALL FORMS OF DISCRIMINATION AGAINST WOMEN (CEDAW) DI INDONESIA DALAM KETERWAKILAN POLITIK PEREMPUAN DI KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA
Pengarang Hendrika Ma’aike Wijaya - Personal Name
No. Panggil
Subyek Implementasi, Indonesia, CEDAW, Keterwakilan Polit
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2018
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua