Detail Cantuman Kembali
RONALDI ANDITAR - Personal Name

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 11 SAMARINDA TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017 (Pemanfaatan dan Pelestarian Lingkungan Hidup)

Student Teams Achievement Division adalah suatu model pembelajaran cooperative yang menekankan pada adanya aktivitas dan interaksi pada siswa dalam kelompok belajar yang heterogen untuk saling memotivas membantu dan menguasai materi pembelajaran yang disampaikan oleh guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Student Teams Achievement Division(STAD) terhadap hasil belajar geografi, siswa kelas XI IPS-1 SMA Negeri 11 Samarinda (materi Persebaran Sumber Daya Alam Di Indonesia), dan untuk mengetahui hasil belajar geografi dengan menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division. Berdasarkan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian maka diambil satu kelas sampel yaitu seluruh siswa kelas XI IPS-1 SMA N 11 Samarinda tahun ajaran 2016/2017 yang terdiri dari 38 siswa. Penelitian ini dilakukan sebanyak 4 kali pertemuan, dimana setiap pertemuan dilakukan selama 2 jam pembelajaran (2 x 45 menit). Jadi, jumlah waktu jam pembelajaran yang diberikan terhadap siswa adalah 18 jam pelajaran. Dengan 12 jam pelajaran digunakan untuk pembelajaran dan 6 jam pelajaran terakhir digunakan untuk post tes dan penyebaran angket. Model Student Teams Achievement Division merupakan variabel bebas dan hasil belajar merupakan variabel terikat. Pengumpulan data penelitian mengguakan teknik angket untuk mengetahui pengaruh model Student Teams Achievement Division serta teknik tes tertulis (post-test) yaitu evaluasi diakhir pertemuan untuk mengetahui hasil belajar geografi. Hasil penelitian ini menunjukan nilai rata-rata hasil belajar siswa yaitu dengan nilai sebesar 80,42 dan nilai dari hasil model pembelajaran Student Teams Achievement Division yang diperoleh termasuk dalam kategori sangat baik sebesar 10,5% sedangkan yang termasuk dalam kategori baik sebesar 89,47%. Adapun koefisien korelasi yang diperoleh sebesar 0,571 yang menunjukan eratnya hubungan antara model Student Teams Achievement Division dengan hasil belajar, besarnya koefisien determinan yang diberikan oleh model Student Teams Achievement Division terhadap hasil belajar adalah 32%.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 11 SAMARINDA TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017 (Pemanfaatan dan Pelestarian Lingkungan Hidup)
Pengarang RONALDI ANDITAR - Personal Name
No. Panggil
Subyek Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divis
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2017
Penerbit
Jurusan Pendidikan MIPA
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua