Detail Cantuman Kembali
SHOLIKHA MAF’ULLAH - Personal Name

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY DENGAN MEDIA MAGNETING EMOTICON BOARDS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERIODIK UNSUR DIKELAS X SMA NEGERI 13 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2016/2017

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Course Review Horay dengan media magneting emoticon boards terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan sistem periodik unsur di SMA Negeri 13 Samarinda tahun ajaran 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 13 Samarinda. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling sehingga diperoleh sampel penelitian yaitu siswa kelas X-1 dan X-2 dengan masing-masing kelas berjumlah 34 siswa. Kelas X-2 merupakan kelas yang menggunakan model pembelajaran Course Review Horay dengan media magneting emoticon boards sedangkan kelas X-1 menggunakan model pembelajaran langsung. Sebelum dilakukan penelitian, hasil belajar siswa dari materi sebelumnya diuji menggunkan uji F dan uji t. Hasinya diperoleh bahwa thitung < ttabel yaitu 0,18 < 1,99 maka Ho diterima, artinya tidak terdapat perbedaan daya serap siswa antara kelas X- 1 dan X- 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Course Review Horay dengan media magneting emoticon boards lebih baik daripada rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung. Rata-rata nilai hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Course Review Horay dengan media magneting emoticon boards adalah 90,03 dan rata-rata nilai hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung adalah 83,10. Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan uji t, diperoleh thitung = -4,56 dan ttabel = -1,99 pada taraf signifikan 5%. Karena -ttabel > -thitung, maka Ho ditolak dan H diterima sehingga terdapat pengaruh model pembelajaran Course Review Horay dengan media Magneting Emoticon Boards terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan sistem periodik unsur di SMA Negeri 13 Samarinda tahun ajaran 2016/2017

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY DENGAN MEDIA MAGNETING EMOTICON BOARDS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERIODIK UNSUR DIKELAS X SMA NEGERI 13 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2016/2017
Pengarang SHOLIKHA MAF’ULLAH - Personal Name
No. Panggil
Subyek Hasil Belajar, Sistem Periodik Unsur
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2017
Penerbit
Jurusan Pendidikan MIPA
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua