PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA CD INTERAKTIF KUBIXA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI SAMARINDA (Materi: Sistem Gerak Manusia)
Rizwana Adelia Amsyar, 2019. Pengaruh Penggunaan Media CD Interaktif Kubixa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning(PBL) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Samarinda (Materi: Sistem Gerak Manusia). Penelitian ini di bawah bimbingan dari Prof. Dr. Makrina
Tindangen, M.Pd selaku pembimbing I dan Dr. Elsje Theodora M, M.Pd selaku pembimbing II.
Pembelajaran di sekolah pada umumnya menggunakan metode pembelajaran konvensional yang berpusat pada guru sehingga siswa menjadi lebih pasif dalambelajar. Salah satu cara agar pembelajaran berjalan lancar yaitu menggunakanmedia pembelajaran, salah satunya menggunakan media CD Interaktif dan meenggunakan model Problem Based Learning (PBL) di mana pembelajaran akan berpusat pada siswa, sehingga siswa akan menjadi lebih aktif. Jenis penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimental design yang bertujuan untukmengetahui pengaruh penggunaan media CD Interaktif Kubixa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Samarinda dengan metode pre-test – posttest nonequivalent control groupdesign.
Dalam desain ini,digunakan 2 kelas yang dipilih secara purposive sample sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol, kemudian diberikan pre-test dan post-test pada dua kelompok tersebut. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan uji-t untuk mengetahui bagaimana pengaruh masing-masing variabel. Setelah dilakukannya uji-t hasil pretest eksperimen dan post-test eksperimen didapatkan nilai thitung 24.433 dengan nilai
Ttabel 2.048 (24.433 > 2.048) yang berarti ada pengaruh penggunaan CD Interaktif Kubixa terhadap hasil belajar. Uji-t hasil pre-test kontrol dan post-test kontroldidapatkan nilai t
hitung 11.867 dengan nilai t tabel 2.048 (11.867 > 2.048) yang berarti ada pengaruh penggunaan powerpoint terhadap hasil belajar. Selanjutnya dilakukan uji-t terhadap post-test eksperimen dan post-tes kontrol, didapatkan nilai thitung sebesar 8.401 dengan nilai ttabel 2.003 (8.401 > 2.003) dengan nilai signifikansi 0.000 dimana 0.000 < 0.05 yang berarti terdapat pengaruh penggunaan media CD Interaktif Kubixa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Samarinda.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Media Pembelajaran, CD Interaktif
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA CD INTERAKTIF KUBIXA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI SAMARINDA (Materi: Sistem Gerak Manusia) |
---|---|
Pengarang | RIZWANA ADELIA AMSYAR - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Prob |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2019 |
Penerbit | |
Jurusan | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY