Detail Cantuman Kembali
NORHASANAH - Personal Name

ANALISIS KATA SAPAANBAHASA KUTAI DI KECAMATANMUARA MUNTAI KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA


kata kunci : kata sapaan, bahasa Kutai Muara Muntai
Kata sapaan adalah kata yang digunakan untuk menegur sapa orang yang diajak berbicara (orang kedua) atau menggantikan nama orang ketiga. Setiap bahasa memiliki kata sapaan yang digunakan untuk berkomunikasi dengan sesama penutur. Kata sapaan juga terdapat pada bahasa Kutai, bahasa Kutai merupakan bahasa daerah yang masih ada, dan berkembang di Kalimantan
Timur, terutama di wilayah Kutai Kartanegara. Bahasa Kutai dipakai sebagai alatkomunikasi dalam kehidupan sehari-hari, bahasa Kutai umumnya hidup danberkembang dalam bentuk penuturan (percakapan), pada dialek bahasa Kutai juga berbeda-beda.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk katasapaan, jenis kata sapaan, dan penggunaan kata sapaan bahasa Kutai di Kecamatan Muara Muntai Kabupaten Kutai Kartanegara. Metode yang digunakandalam penelitian ini adalah metode kualitatif yaitu metode yang mendeskripsikanatau menggambarkan objek yang diteliti, dalam pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik observasi, teknik wawancara, simak dan catat.
Berdasarkan hasil penelitian analisis data, ditemukan bahwa bentuk katasapaan dalam bahasa Kutai di Kecamatan Muara Muntai Kabupaten KutaiKartanegara ada tiga yakni, (1)Bentuk kata sapaan berupa suku kata: dek, cong, Pit, Jai, su, nak. bentuk kata sapaan berupa kata: bapak, Sinta,Dina, emek, Tua,kakak, ocong.bentuk kata sapaan berupa gabungan kata: tua bini, tua-laki, anakmanakkan,anek-bini, anek-laki, emek-tere. (2) Jenis kata sapaan dalam bahasa Kutai di Kecamatan Muara Muntai Kabupaten Kutai Kartanegara yakni terdapatsapaan pronomina persona yaitu.kita,kau.kata sapaan nama diri yaitu,Suci.Kata Sapaan kekerabatan yaitu, bapak, emek, busu, tua, enek , kakak, adek. Kata sapaan gelar atau pangkat yaitu,guru, Petinggi, kata sapaan bentuk nomina-+ku yaitu anakku.(3) Penggunaan kata sapaan dalam bahasa Kutai di Kecamatan Muara Muntai Kabupaten Kutai Kartanegara baik yang digunakan untuk menyapa mitra tutur perempuan dan mitra tutur laki-laki, penggunaan menghormati dan penggunaan memanggil.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS KATA SAPAANBAHASA KUTAI DI KECAMATANMUARA MUNTAI KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA
Pengarang NORHASANAH - Personal Name
No. Panggil
Subyek kata kunci : kata sapaan, bahasa Kutai Muara Munta
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua