Detail Cantuman Kembali
MUH.TAUFIQ ISMAIL MUS - Personal Name

ANALISIS KETERAMPILAN TEKNIK DASAR PERMAINAN BOLA VOLI PADA SISWI EKSTRAKURIKULER SMK KESEHATAN SAMARINDA


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan teknik dasar permainan bola voli pada siswi SMK Kesehatan Samarinda. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswi ekstrakurikuler SMK Kesehatan Samarinda yang berjumlah 15 orang, sedangkan pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik Pengumpulan data dengan menggunakan tes keterampilan teknik dasar bola voli yang terdiri atas tes servis bawah, servis atas, passing
bawah, passing atas dan smash bola voli. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, T-Score dan pengkategorian hasil.
Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini, hasil analisis menunjukkan dari 15 siswi: (1) Tes servis bawah, sebanyak 5 siswi termasuk dalam kategori “Baik”, 6 siswi dalam kategori “Cukup”, dan 4 siswi dalam kategori “Kurang”. (2) Tes servis atas, sebanyak 1 siswi termasuk dalam kategori “Baik Sekali”, 2 siswi dalam kategori “Baik”, 7 siswi dalam kategori “Cukup”, dan 5 siswi dalam kategori “Kurang”. (3) Tes passing bawah, sebanyak 1 siswi termasuk dalam kategori “Baik Sekali”, 2 siswi dalam kategori “Baik”, 7 siswi dalam kategori “Cukup”, dan 5 siswi dalam kategori “Kurang”. (4) Tes passing atas, sebanyak 1 siswi termasuk dalam kategori “Baik Sekali”, 4 siswi dalam kategori “Baik”, 5 siswi dalam kategori “Cukup”, 4 siswi dalam kategori “Kurang”, dan 1 siswi dalam kategori “Kurang Sekali”. (5) Tes smash, sebanyak 1 siswi termasuk dalam kategori “Baik Sekali”, 1 siswi dalam kategori “Baik”, 10 siswi dalam kategori “Kurang”, dan 1 siswi dalam kategori “Kurang Sekali”.
Berdasarkan keseluruhan tes keterampilan teknik dasar bola voli pada siswi ekstrakurikuler SMK Kesehatan, menunjukkan bahwa sebanyak 3 siswitermasuk dalam kategori “Baik”, 8 siswi dalam kategori “Cukup” dan 4 siswi dalam kategori “Kurang”. Maka dapat disimpulkan dari nilai rata-rata yaitu 250, bahwa tingkat keterampilan teknik dasar permainan bola voli siswi yang mengikuti ekstrakurikuler bola voli di SMK Kesehatan Samarinda masuk dalam kategori “Cukup”.
Kata Kunci: Keterampilan, teknik dasar bola voli, servis bawah, servis atas, passing bawah, passing atas, smash.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS KETERAMPILAN TEKNIK DASAR PERMAINAN BOLA VOLI PADA SISWI EKSTRAKURIKULER SMK KESEHATAN SAMARINDA
Pengarang MUH.TAUFIQ ISMAIL MUS - Personal Name
No. Panggil
Subyek Kata Kunci: Keterampilan, teknik dasar bola voli,
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua