Detail Cantuman Kembali
FITRI KRISTIN HIDAYATI - Personal Name

PENINGKATAN HASIL BELAJAR TEMATIK TEMA SELALU BERHEMAT ENERGI MUATAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAME TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS IV SDN 002 SUNGAI PINANG TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020

Fitri Kristin Hidayati 2019, Peningkatan Hasil Belajar Tematik Tema Selalu Hemat Energi Muatan IPA Melalui Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Pada Siswa Kelas IV SDN 002 Sungai Pinang Tahun Pembelajaran 2019/2020. Dibawah bimbingan Dra. Hj. Tri Wahyuningsih, S.Pd,M.Si, selaku pembimbing I dan Drs. H. Sunarno, M.Pd selaku pembimbing II.

Kata Kunci : Hasil belajar tema selalu berhemat energi muatan IPA, Team Games Tournament (TGT)

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilatar belakangi rendahnya hasil belajar tematik tema selalu berhemat energi muatan IPA pada siswa kelas IV SD Negeri 002 Sungai Pinang Tahun Pembelajaran 2019/2020. Rumusan masalah dalam penelitian “Bagaimana peningkatan hasil belajar tematik tema selalu berhemat energi muatan IPA melalui model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Pada siswa kelas IV SDN 002 Sungai Pinang Tahun Pembelajaran 2019/2020”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar tematik tema selalu berhemat energi muatan IPA melalui model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Pada siswa kelas IV SDN 002 Sungai Pinang.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan tiga siklus dan masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Prosedur penelitian terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 002 Sungai Pinang yang berjumlah 28 siswa dan objek penelitian ini adalah hasil belajar tematik tema selalu berhemat energi muatan IPA melalui model pembelajaran Team Games Tournament. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan rata-rata, persentase dan grafik.
Hasil penelitian menunjukan nilai rata-rata hasil belajar prasiklus sebesar 54 pada siklus I rata-rata sebesar 58,5 dengan persentase peningkatan hasil belajar sebesar 8,33% dan persentase ketuntasan siswa sebesar 42,85%. Pada siklus II nilai rata-rata sebesar 74,10 dengan persentase peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II sebesar 26,67% dan persentase ketuntasan siswa sebesar 71,42%. Pada siklus III nilai rata-rata menjadi 79 dengan persentase peningkatan hasil belajar dari siklus II ke siklus III sebesar 6,76% dan persentase ketuntasan siswa menjadi 82,14%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar tematik tema selalu berhemat energi muatan IPA melalui model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) pada siswa kelas IV SDN 002 Sungai Pinang Tahun Pembelajaran 2019/2020 meningkat.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENINGKATAN HASIL BELAJAR TEMATIK TEMA SELALU BERHEMAT ENERGI MUATAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAME TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS IV SDN 002 SUNGAI PINANG TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020
Pengarang FITRI KRISTIN HIDAYATI - Personal Name
No. Panggil
Subyek Team Games Tournament (TGT)
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua