Detail Cantuman Kembali
GITA APRILIA MARIS - Personal Name

PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI KELAS VII SMP NEGERI 27 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2017/2018


Jenis penelitian ini adalah penelitian Ex Post Facto yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 27 Samarinda Tahun Ajaran 2017/2018.
Peneliatan ini dilaksanakan pada bulan Maret 2018. Terdapat satu variabelbebas, yaitu gaya belajar (X), serta satu variabelterikat yaitu hasil belajarmatematika (Y). Populasi peelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 27 Samarinda yang berjumlah 169 Siswa, dengan sampel sebanyak 137 yang diambil secara random melalui metode cluster random sampling. Teknik pegumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket untuk memperoleh data gaya belajar serta tes untuk memperoleh data hasil belajar matematika pada materi persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel. Sebelum mengadakan penelitian, angket dan tes diuji coba pada salah satu kelas, yait kelas VII siswa SMP Negeri 27 Samaria
terdiri dari 32 siswa. Analisis data menggunakan satistik deskriptif dan analisis inferensial, dengan taraf signifikan 5% (a = 0,05).
Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif, diperoleh rata-rata skor hasilbelajar matematika untuk gaya belajar visual adalah 14,56, rata-rata skor hasilbelajar matematika untuk gaya belajar auditori adalah 15,14, rata-rata skor hasilbelajar matematika untuk gaya belajar kinestetik adalah 14,21, dan rata-rata skortes hasil belajar matematika adalah 44,47. Berdasarkan hasil analisis menggunakan analisis anova dengan a = 0,05 variabel gaya belajar diperoleh Fhitung = 4,858; F
tabel = 2,67; dan p = 0,009. Karena Fhitung > F dan p < 0,05,maka terdapat perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang memiliki gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik.
tabel
Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan terdapat pengaruh hasil belajarmatematika siswa kelas VII SMP Negeri 27 Samarinda tahun ajaran 2017/2018 antara siswa yang memiliki gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik.




Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI KELAS VII SMP NEGERI 27 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2017/2018
Pengarang GITA APRILIA MARIS - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua