Detail Cantuman Kembali
Rizqi Amalia Agustina - Personal Name

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT PADA PEMBUATAN E-KTP DI KANTOR KECAMATAN MUARA MUNTAI KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Rizqi Amalia Agustina. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Masyarakat Pada Pembuatan E-KTP di Kantor Kecamatan Muara Muntai Kabupaten Kutai Kartanegara di bawah bimbingan Prof. Dr. Hj. Nur Fitriyah M.S, selaku pembimbing I dan Dr. Fajar Apriani, M.Si, selaku pembimbing II. Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat pada pembuatan E-KTP di Kantor Kecamatan Muara Muntai Kabupaten Kutai Kartanegara.
Jenis penelitian ini ialah penelitian asosiatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat di Kecamatan Muara Muntai yang dibagi menjadi dua desa yang sudah menpunyai E-KTP dan berjumlah 691 orang. Penentuan sampel menggunakan metode simple random sampling, dimana setiap individu dalam hal ini diberikan kesempatan yang sama untuk dipilih sebagai sampel. Jumlah sampel penelitian sebesar 87 orang. Analisis data menggunakan uji koefisien korelasi, uji koefisien determinasi dan metode analisis regresi linier sederhana.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat pada pembuatan E-KTP adalah positif, dimana hasil koefisien korelasi (r) nya sebesar 0,878, artinya bahwa terdapat hubungan yang sangat kuat antara kualitas pelayanan dan kepuasan masyarakat. Analisis regresi sederhana menunjukkan setiap perubahan nilai kualitas pelayanan maka kepuasan masyarakat akan mengalami perubahan sebesar 0,630. Berdasarkan perhitungan koefisien determinasi diperoleh hasil 0,771 , maka dapat dikatakan pengaruh kualitas pelayanan sebesar 77,1 % terhadap kepuasan masyarakat pada pembuatan E-KTP di Kantor Kecamatan Muara Muntai. Sedangkan sisanya 22,9 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan Masyarakat

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT PADA PEMBUATAN E-KTP DI KANTOR KECAMATAN MUARA MUNTAI KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA
Pengarang Rizqi Amalia Agustina - Personal Name
No. Panggil
Subyek Kualitas Pelayanan, Kepuasan Masyarakat
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua