PENGARUH INTERAKSI TEMAN SEBAYA, MINAT BELAJAR, DAN PERCAYA DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 19 SAMARINDATAHUN AJARAN 2018/2019
Dewi, Marisa Puspita. 2019.Pengaruh Interaksi Teman Sebaya, Minat Belajar, dan Percaya Diri terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 19 Samarinda Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mulawarman. Pembimbing: (I) Bapak Dr. H. PM. Labulan, M.Pd dan (II) Bapak Drs. Sugeng, M.Pd
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh interaksi teman sebaya, minat belajar, dan percaya diri terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 19 Samarinda tahun ajaran 2018/2019.
Jenis penelitian ini adalah ex post facto dan menggunakan tiga variabel bebas yaitu interaksi teman sebaya (X1), minat belajar (X2), dan percaya diri (X3) serta satu variabel terikat yaitu hasil belajar matematika (Y). Populasi penelitian adalah kelas VIII SMP Negeri 19 Samarinda yang terdiri dari 4 kelas dan berjumlah 147 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster sampling, yang menjadi sampel dalam penelitian adalah 3 kelas yang berjumlah 109 siswa.
Berdasarkan perhitungan analisis deskriptif, bahwa variabel interaksi teman sebaya tergolong sedang, untuk variabel minat belajar tergolong sedang, untuk variabel percaya diri tergolong sedang, dan untuk variabel hasil belajar matematika tergolong sedang, dari hasil analisis inferensial menggunakan regresi linear ganda taraf signifikan sebesar 0,05 atau 5% diperoleh persamaan penduga Ŷ =72,600 +0,654X1+ 0,344X2+ 0,807X3, dengan didapat p = 0,000. Karena p< 0,05 maka persamaan regresi penduga yang diperoleh adalah berarti, sehingga terdapat pengaruh interaksi teman sebaya, minat belajar dan percaya diri secara simultan terhadap hasil belajar matematika. R2 =0,111 menunjukkan bahwa kontribusi interaksi teman sebaya, minat belajar dan percaya diri secara simultan terhadap hasil belajar matematika sebesar 11.1% adapun untuk pengujian koefisien regresi linear ganda interaksi teman sebaya diperoleh thitung= 2,917> ttabel= 1,671,sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat teman sebaya terhadap hasil belajar matematika, untuk minat belajar diperoleh thitung= 2,083> ttabel=1,671,sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara minat belajar terhadap hasil belajar matematika, sedangkan untuk percaya diri diperoleh thitung= 3,588> ttabel=1,671, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara percaya diri terhadap hasil belajar matematika.
Kata kunci: Interaksi Teman Sebaya, Minat Belajar, Percaya Diri dan Hasil Belajar Matematika.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH INTERAKSI TEMAN SEBAYA, MINAT BELAJAR, DAN PERCAYA DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 19 SAMARINDATAHUN AJARAN 2018/2019 |
---|---|
Pengarang | MARISA PUSPITA DEWI - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | Interaksi Teman Sebaya, Minat Belajar, Percaya Dir |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2019 |
Penerbit | |
Jurusan | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY