Detail Cantuman Kembali
Anugrah Aliyas - Personal Name

PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG ZAT TUNGGAL DAN CAMPURAN PADA SUBTEMA BENDA TUNGGAL DAN CAMPURAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI SISWA KELAS V SDN 015 SUNGAI KUNJANG TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019

Anugrah Aliyas, 2019. Peningkatan Hasil Belajar IPA tentang Zat Tunggal dan Campuran pada Subtema Benda Tunggal dan Campuran Menggunakan Metode Demonstrasi Siswa Kelas V SDN 015 Sungai Kunjang. Pembimbing I Prof. Dr. H. Mohammad Siddik, M. Pd dan Pembimbing II Hety Diana Septika, M. Pd.

Kata Kunci : Hasil Belajar IPA, Metode Demonstrasi

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA tentang zat tunggal dan campuran pada subtema benda tunggal dan campuran siswa kelas V-B SDN 015 Sungai Kunjang tahun pembelajaran 2018/2019. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar materi zat tunggal dan campuran dengan metode demonstrasi siswa kelas V-B di SDN 015 Sungai Kunjang tahun pembelajaran 2019.
Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Prosedur penelitian terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Waktu penelitian yaitu pada tanggal 13 April - 09 Mei 2019. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas V-B SDN 015 Sungai Kunjang yang berjumlah 27 siswa dan objek penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA dan peningkatan setiap siklusnya menggunakan metode demonstrasi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini mengunakan lembar observasi guru dan siswa, dan lembar tes hasil belajar. Teknik analisis data pada penelitian ini dengan cara mereduksi data, penyajian data, dan kesimpulan data menggunakan rata-rata, persentase dan peningkatan hasil belajar.
Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata hasil belajar dari data awal sebesar 57.70 meningkat menjadi 71.24 pada siklus I dengan persentase peningkatan hasil belajar sebesar 19.11% dan persentase siswa yang tuntas sebesar 55.56%. Pada sikslus II nilai rata-rata meningkat menjadi 80.94 dengan persentase peningkatan dari siklus I sebesar 13.62% dan persentase siswa tuntas sebesar 92.59%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar IPA materi zat tunggal dan campuran melalui metode demonstrasi pada siswa kelas V-B SDN 015 Sungai Kunjang tahun pembelajaran 2018/2019.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG ZAT TUNGGAL DAN CAMPURAN PADA SUBTEMA BENDA TUNGGAL DAN CAMPURAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI SISWA KELAS V SDN 015 SUNGAI KUNJANG TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019
Pengarang Anugrah Aliyas - Personal Name
No. Panggil
Subyek Hasil Belajar IPA, Metode Demonstrasi
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua