PENGARUH BAURAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN WISATAWAN BERKUNJUNG PADA DAYA TARIK WISATA PULAU KUMALA KUTAI KERTANEGARA
Widiya Emilisa Rahman, Pengaruh Bauran Promosi terhadap Keputusan Wisatawan Berkunjung pada Daya Tarik Wisata Pulau Kumala Kutai Kartanegara, dibimbing oleh bapak Fareis Althalets, S.Par., M.M dan ibu Dra. Lilis Juliati, M.AP. Tujuan penelitian ini untuk menguji pengaruh bauran promosi yang mencakup (hubungan masyarakat, pemasaran langsung, dan word of mouth ) terhadap keputusan wisatawan berkunjung pada daya tarik wisata Pulau Kumala Kutai Kartanegara. Serta untuk mengetahui variabel manakah yang berpengaruh dominan terhadap keputusan wisatawan berkunjung pada daya tarik wisata Pulau Kumala Kutai Kartanegara.
Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan bantuan software statistik SPSS versi 20. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, kuisioner, dokumentasi, dan kepustakaan.
Hasil analisis menunjukkan bahwa bauran promosi yang mencakup (hubungan masyarakat, pemasarann langsung, dan word of mouth ) berpengaruh signfikan secara simultan. Secara parsial variabel hubungan masyarakat dan word of mouth berpengaruh signifikan, dan variabel penjualan langsung tidak berpengaruh signifikan. Variabel word of mouth merupakan variabel yang berpengaruh dominan.
Saran agar pihak Dinas Pariwisata Kutai Kartanegara untuk memaksimalkan kegiatan promosi yang ada di Pulau Kumala dengan mengadakan event yang menarik, terus mempromosikan Pulau Kumala melalui media sosial, dan membuat brosur tentang Pulau Kumala yang lebih menarik.
Kata Kunci: Hubungan Masyarakat, Pemasaran Langsung, Word Of Mouth, Keputusan Berkunjung.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH BAURAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN WISATAWAN BERKUNJUNG PADA DAYA TARIK WISATA PULAU KUMALA KUTAI KERTANEGARA |
---|---|
Pengarang | Widiya Emilisa Rahman - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | Word Of Mouth, Keputusan Berkunjung. |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2019 |
Penerbit | |
Jurusan | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY