Detail Cantuman Kembali
Siti Nurjannah - Personal Name

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI POLA BILANGAN DAN RELASI FUNGSI DI KELAS VIII SMP NEGERI 3 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2019/2020

Penelitian ini dilaksanakan di SMP N 3 Samarinda tahun ajaran 2019/2020 dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VIII A sebanyak 34 Siswa dan objek penelitian adalah model pembelajaran Discovery Learning (DL). Data diperoleh dari dokumentasi: Nilai dasar, hasil Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Tugas, Observasi dan Tes akhir siklus. Penelitian ini dilakukan sebanyak tiga siklus,untuk siklus I tiga kali pertemuan, siklus II dua kali pertemuan dan siklus III tigakali pertemuan. Dalam penelitian, peneliti bertindak sebagai pelaksana dalam
pembelajaran, sedangkan guru matematika kelas VIII A sebagai observer. Teknikanalisis data menggunakan statistik deskriptif berupa nilai rata-rata hasil belajar siswa, persentase peningkatan hasil belajar pada setiap siklus, dan grafik peningkatan hasil belajar siswa.
Pada penelitian ini nilai dasar diperoleh dari ulangan sebelumnya, yaitudengan rata rata 52,35. Berdasarkan analisis data berupa nilai LKPD,LT dan nilai tes akhir siklus diperoleh Pada siklus I nilai rata-rata meningkat sebesar 29,78% dari nilai dasar yaitu 52,35 menjadi 67,94. Pada siklus II meningkat sebesar5,29% dari siklus I yaitu 67,94 menjadi 71,54. Dan pada siklus III terjadi
Persentase ketuntasan juga mengalami peningkatan setelah pembelajaran menggunakan DL, pada siklus I persentase ketuntasan siswa sebesar 38,23 %atau sebanyak 13 siswa yang mencapai nilai KKM. Pada siklus II meningkatmenjadi 64,70% atau sebanyak 22 siswa, dan pada siklus III meningkat menjadi 76,47% atau sebanyak 26 siswa yang mencapai KKM.
Hasil observasi terhadap aktivitas guru dan siswa juga mengalamipeningkatan. Pada siklus I aktivitas guru dikategorikan cukup. Pada siklus II danIII aktivitas guru dikategorikan baik. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I dikategorikan kurang, namun pada siklus II dan IIIdikategorikan baik. Dapat disimpulkan bahwa model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi pola bilangan dan relasi fungsi siswa kelas VIII A
SMP Negeri 3 Samarinda.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Discovery Learning

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI POLA BILANGAN DAN RELASI FUNGSI DI KELAS VIII SMP NEGERI 3 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2019/2020
Pengarang Siti Nurjannah - Personal Name
No. Panggil
Subyek Kata Kunci : Hasil Belajar, Discovery Learning
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua