Detail Cantuman Kembali
ERNITA - Personal Name

PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGEMBANGAN KAMPUNG WISATA LINGGANG MELAPEH KECAMATAN LINGGANG BIGUNG KABUPATEN KUTAI BARAT


Partisipasi masyarakat merupakanketerlibatan anggota masyarakat dalam pembangunan dan pelaksanaan program atau proyek pembangunan yang dilakukan dalam masyarakat lokal. Penelitian ini bertujuan untukmengetahui partisipasi masyarakat dalam pengembangan kampung wisata dan faktor pendukung serta penghambat masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam pengembangan kampung wisata Linggang Melapeh. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan metodedeskriptif kualitatif, dan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data.
Penentuan subjek penelitian menggunakanSnowball Sampling. Hasil Penelitianmenunjukan partisipasi masyarakat dalam pengembangan kampung wisata Linggang Melapehberjalan dengan baik. Bentuk-bentukpartisipasi masyarakat Linggang Melapehyaitu berupa partisipasi harta benda, tenaga, ide, keterampilandan partisipasi sosial. Pola partisipasi masyarakat yaitu bersifat kemitraan, unsure partisipasi masyarakat yaitu adanya kesempatan, kemampuan dan kemauan.
Tahap-tahap partisipasi masyarakat yaitu tahap pengambilan keputusan,pelaksanaan, pengambilan manfaat, dan evaluasi. Faktor pendukung partisipasimasyarakat yaitu potensi alamkampung Linggang Melapeh, kemauan darimasyarakat, dan dukungan positif dari masyarakat. Faktor penghambat partisipasi masyarakat yaitu minim dana, fasilitas/ sarana prasarana ,kurangnya atraksi, dan kesibukan dari masyarakat.
Kata Kunci:partisipasi masyarakat,kampung wisata, Linggang Melapeh.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGEMBANGAN KAMPUNG WISATA LINGGANG MELAPEH KECAMATAN LINGGANG BIGUNG KABUPATEN KUTAI BARAT
Pengarang ERNITA - Personal Name
No. Panggil
Subyek Kata Kunci:partisipasi masyarakat,kampung wisata,
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua