Detail Cantuman Kembali
PUTRI RANDA - Personal Name

KEMAMPUAN MENGGUNAKAN POLA BARISAN DAN DERET DALAM MENYELESAIKAN MASALAH KONTEKSTUAL SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 9 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2018/2019

Randa, Putri. 2019. Kemampuan Menggunakan Pola Barisan dan Deret Dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 9 Samarinda Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mulawarman. Pembimbing: (I) Drs. Berahman, M.Si dan (II) Dra. Ariantje Dimpudus, M.Pd.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan menggunakan pola barisan dan deret dalam menyelesaikan masalah kontekstual siswa kelas XI IPA SMA Negeri 9 Samarinda Samarinda Tahun Ajaran 2018/2019.
Pelaksanaan penelitian pada bulan Juli 2018. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 SMA Negeri 9 Samarinda yang berjumlah 64 siswa dengan objek penelitian yaitu kemampuan menggunakan pola barisan dan deret dalam menyelesaikan masalah kontekstual. Pengumpulan data menggunakan tes tertulis berupa soal uraian sebanyak 8 butir soal. Teknik analisis data meliputi penilaian hasil tes kemampuan, pengelompokkan siswa berdasarkan hasil tes kemampuan, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan adalah tidak ada siswa pada kategori sangat baik,1 siswa atau 1,56% pada kategori baik, sebanyak 1 siswa atau 1,56% pada kategori cukup dan 62 siswa atau 96,88% pada kategori kurang. Ditinjau dari kemampuan siswa tiap indikator soal, sebanyak 17 siswa mampu menggunakan pola barisan dan deret dalam menentukan suku ke-n pada suatu barisan aritmatika, sebanyak 27 siswa mampu menggunakan pola barisan dan deret dalam menghitung jumlah suku ke-n pada suatu deret aritmatika, sebanyak 22 siswa mampu menggunakan pola barisan dan deret dalam menentukan suku ke-n pada suatu barisan geometri, sebanyak 6 siswa mampu menggunakan pola barisan dan deret dalam menghitung jumlah suku ke-n pada suatu deret geometri, tidak ada siswa yang mampu dalam menentukan penyelesaian dari masalah sehari-hari yang berkaitan dengan pertumbuhan, sebanyak 5 siswa mampu dalam menentukan penyelesaian dari masalah sehari-hari yang berkaitan dengan peluruhan, sebanyak 11 siswa mampu dalam menentukan penyelesaian dari masalah sehari-hari yang berkaitan dengan bunga majemuk, dan sebanyak 8 siswa mampu dalam menentukan penyelesaian dari masalah sehari-hari yang berkaitan dengan anuitas.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan menggunakan pola barisan dan deret dalam menyelesaikan masalah kontekstual siswa kelas XI IPA SMA Negeri 9 Samarinda tahun ajaran 2018/2019 adalah kurang.


Kata Kunci: kemampuan, barisan dan deret.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul KEMAMPUAN MENGGUNAKAN POLA BARISAN DAN DERET DALAM MENYELESAIKAN MASALAH KONTEKSTUAL SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 9 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2018/2019
Pengarang PUTRI RANDA - Personal Name
No. Panggil
Subyek kemampuan, barisan dan deret.
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua