Detail Cantuman Kembali
ADITYA ANANTA - Personal Name

PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS TENTANG KEBERAGAMAN SUKU BANGSA DI NEGERIKU DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS IV SDN 006 SAMARINDA UTARA TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019

Aditya Ananta. 2019. Peningkatan Hasil Belajar IPS tentang Keberagaman Suku Bangsa di Negeriku dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Siswa Kelas IV SDN 006 Samarinda Utara Tahun Pembelajaran 2018/2019. Pembimbing I Drs. Nicodemus Sere, M.Pd dan Pembimbing II Sukriadi, S.Pd, M.Pd.

Kata Kunci: Hasil Belajar IPS, Keberagaman Suku Bangsa di Negeriku, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPS tentang keberagaman suku bangsa di negeriku pada siswa kelas IV SDN 006 Samarinda Utara tahun pembelajaran 2018/2019. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah “Bagaimana meningkatkan hasil belajar IPS tentang keberagaman suku bangsa di negeriku dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada siswa kelas IV SDN 006 Samarinda Utara tahun pembelajaran 2018/2019?”. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS tentang keberagaman suku bangsa di negeriku dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada siswa kelas IV SDN 006 Samarinda Utara tahun pembelajaran 2018/2019.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilaksanakan sebanyak 3 siklus dan setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahun pembelajaran 2018/2019 di SDN 006 Samarinda Utara. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 006 Samarinda Utara yang berjumlah 22 siswa. Objek penelitian ini adalah hasil belajar dan pembelajaran IPS dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Prosedur penelitian terdiri dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi. Pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi guru, lembar observasi siswa, dan tes hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan rata-rata, persentase dan grafik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada pra siklus nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 58,79. Pada pelaksanaan silus I, hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 13,46% dari pra siklus dengan nilai rata-rata 67,86. Pada siklus II, hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 27,27% dari pra siklus dengan nilai rata-rata 74,77. Pada siklus III, hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 45,46% dari pra siklus dengan nilai rata-rata 80. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPS tentang keberagaman suku bangsa di negeriku dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada siswa kelas IV SDN 006 Samarinda Utara tahun pembelajaran 2018/2019 meningkat.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS TENTANG KEBERAGAMAN SUKU BANGSA DI NEGERIKU DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS IV SDN 006 SAMARINDA UTARA TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019
Pengarang ADITYA ANANTA - Personal Name
No. Panggil
Subyek Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua