Detail Cantuman Kembali
MURDIANA - Personal Name

GAYA BAHASA DALAM KUMPULAN CERPEN LELUCON PARA KORUPTOR KARYA AGUS NOOR: SUATU KAJIAN STILISTIKA

Murdiana. 2019. Gaya Bahasa dalam Kumpulan Cerpen Lelucon Para Koruptor Karya Agus Noor: Suatu Kajian Stilistika. Skripsi. Program Studi Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Mulawarman. Pembimbing I: Dr Yusak Hudiyono M.Pd.; Pembimbing II: Irma Surayya Hanum M.Pd.
Kata Kunci: majas, makna, fungsi, cerpen, stilistika

Skripsi ini membahas gaya bahasa dalam kumpulan cerpen Lelucon Para Koruptor karya Agus Noor. Adapun tujuan dari penelitian ini, yaitu untuk mendeskripsikan bentuk, makna dan fungsi dalam kumpulan cerpen Lelucon Para Koruptor.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dan termasuk dalam jenis penelitian kepustakaan. Data dalam penelitian berupa kata, frasa, dan klausa atau kalimat yang ada dalam kumpulan cerpen Lelucon Para Koruptor yang diperoleh dari cerpen Agus Noor yang berjudul Saksi Mata, Koruptor Kita Tercinta, Lelucon Para Koruptor, dan Pemalsu Kenangan. Data dikumpulkan dengan teknik baca dan catat. Data dianalisis menggunakan metode (1) Reduksi Data, (2) Penyajian Data, dan (3) Penarikan Simpulan.
Hasil penelitian ini berupa kumpulan cerpen Lelucon Para Koruptor karya Agus Noor memanfaatkan beragam majas, yakni majas perbandingan yang berjenis simile, metafora, personifikasi, alegori, majas pengontrasan yang berjenis hiperbola, paradoks, sarkasme, majas penyiasatan stuktur yang berjenis antitesis. Selanjutnya yang kedua, makna atau arti yang tersembunyi di balik kata yang terkandung di dalam cerpen yang membuat pembaca mengerti maksud dari kata tersebut. Terakhir fungsi, memiliki tujuan secara umum untuk membantu para pembaca agar dapat memahami pesan dan cerita yang ada dalam cerpen tersebut.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul GAYA BAHASA DALAM KUMPULAN CERPEN LELUCON PARA KORUPTOR KARYA AGUS NOOR: SUATU KAJIAN STILISTIKA
Pengarang MURDIANA - Personal Name
No. Panggil
Subyek majas, makna, fungsi, cerpen, stilistika
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit Fakultas Ilmu Budaya
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua