Detail Cantuman Kembali
EKA NORMAWATI - Personal Name

PENGARUH INTEGRASI NILAI-NILAI ISLAM DALAM MODEL QUANTUM LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMAS NABIL HUSEIN SAMARINDA PADA MATERI REAKSI REDOKS

Eka Normawati. 2019. Pengaruh integrasi nilai-nilai Islam dalam model quantum learning terhadap hasil belajar siswa kelas X SMAS Nabil Husein Samarinda pada materi reaksi redoks. Penelitian ini dibimbing oleh Muflihah, S.Pd.,M.Si selaku pembimbing I dan Iis Intan Widiyowati M.Pd, selaku pembimbing II.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh integrasi nilai-nilai Islam dalam model quantum learning terhadap hasil belajar siswa kelas X IPA pada materi reaksi redoks. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA. Sampel penelitian diambil secara purposive sampling yaitu kelas X IPA 1 dan X IPA 2 dengan masing-masing kelas berjumlah 21 siswa. Kelas X IPA 1 menggunakan model quantum learning terintegrasi nilai-nilai Islam sedangkan X IPA 2 menggunakan model quantum learning. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan rancangan penelitian quasi experiment jenis non equivalent control group design. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui teknik tes dan teknik non tes. Teknik tes terdiri dari post test dan ulangan harian sedangkan teknik non tes terdiri dari angket sikap dan lembar observasi. Data hasil post test dan ulangan harian dianalisis menggunakan uji F dan uji t. Rata-rata hasil belajar siswa kelas X IPA 1 adalah 82,13 dan kelas X IPA 2 adalah 77,67. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh integrasi nilai-nilai Islam dalam model quantum learning terhadap hasil belajar siswa kelas X IPA di SMAS Nabil Husein Samarinda pada materi reaksi redoks. N-gain dari angket sikap siswa kelas X IPA 1 sebesar 0,66 berkategori sedang, N-gain angket kelas X IPA 2 sebesar 0,09 dengan kategori rendah.

Kata kunci: Post test, Ulangan harian, Angket Sikap, Integrasi Nilai Islam (Tingkat Filosofi, Materi. Strategi, Metodologi)

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH INTEGRASI NILAI-NILAI ISLAM DALAM MODEL QUANTUM LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMAS NABIL HUSEIN SAMARINDA PADA MATERI REAKSI REDOKS
Pengarang EKA NORMAWATI - Personal Name
No. Panggil
Subyek Post test, Ulangan harian, Angket Sikap, Integrasi
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua