Detail Cantuman Kembali
ANIS RAMADANI - Personal Name

ANALISIS REFERENSI DALAM IKLAN LOWONGAN PEKERJAAN SURAT KABAR KALTIM POS EDISI MEI 2019

Anis Ramadani, 2019. Analisis Referensi Iklan Lowongan Pekerjaan Surat Kabar “Kaltim Post” Mei 2019. Tugas Akhir Jenjang SI Progam Studi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman Samarinda. Dibimbing oleh Dra. Emilliana Patiung, M.Hum. selaku pembimbing I dan Dr. Hj. Widyatmike,GM., M.Hum. selaku pembimbing II

Kata Kunci : Referensi,Iklan, Lowongan Pekerjaan.

Iklan lowongan pekerjaan adalah iklan yang berupa baris atau kolom yang merupakan sarana yang digunakan untuk membantu seseorang menjaring karyawan bagi formasi kerja yang dia butuhkan dan sekaligus sebagai sumber informasi pembaca untuk memperoleh informasi lowongan pekerjaan yang tersedia. Penggunaan iklan yang menggunakan singkatan terkadang menyulitkan pembaca untuk memahami makna serta acuan yang digunakan penulis ikan lowongan pekerjaan surat kabar “Kaltim Post” edisi Mei 2019.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui referensi yang dimuat dalam surat kabar “Kaltim Post” edisi Mei 2019. Diantaranya melalui (1) Bentuk Referensi, (2) Makna Referensi dalam iklan lowongan pekerjaan surat kabar “Kaltim Post” edisi Mei 2019.
Pada penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan analisis referensi dengan metode agih dan juga teknik BUL (Bagi Unsur Langsung). Data dalam penelitian ini adalah kalimat yang mengandung referensi dalam iklan lowongan pekerjaan surat kabar “Kaltim Post”. Sumber data dalam penelitian ini adalah iklan lowongan pekerjaan surat kabar “Kaltim Post” edisi Mei 2019. Metode yang digunakan penulis yakni metode baca, simak dan teknik catat.

Setelah Data dianalisis, ditemukan bentuk referensi yakni berupa referensi sebagai topik, referensi sebagai kata ganti dan referensi sebagai pelesapan selain itu terdapat bentuk makna referensi dalam memahami sebuah acauan dan makna yang terkadung.
Hasil Penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, bentuk referensi dalam iklan iklan lowongan pekerjaan surat kabar “Kaltim Post”. Berdasarkan bentuknya referensi terdiri dari
1) referensi berdasarkan nama atau topik, terdapat 6 kalimat topik subjek tidak diulang, 5 bentuk topik dengan kata ganti dan terdapat 1 kalimat topik yang mengulang subjek sebagai topik 2) berdasarkan kata ganti -nya terdapat 4 kalimat ,yakni sebagai penekanan yang merujuk kepada posisi kerja, dan pengalaman kerja, 3) berdasarkan pelesapan terdapat 7 kalimat penggunaan pelesapan yakni yakni dihilangkannya penggunaan subjek sebagai bentuk efisiensi kalimat. Kedua, Kedua, berdasarkan maknanya dikategorikan 1) makna referensial terdapat 20 kalimat dan 2) makna non-referensial terdapat 8 kalimat.

Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah, penggunaan referensi serta makna dalam penggunaan iklan baris dalam lowongan surat kabar “Kaltim Post”. Pengiklan mementingkan karyawan atau tenaga yang dibutuhkan dengan menulis verba dibagian awal kalimat dengan melepaskan unsur subjek dan predikat sebagai penjelas topik dan menggunakan kata ganti sebagai bentuk penekanan kembali karyawan yang dibutuhkan juga bentuk pelesapan sebagai efisiensi bentuk kalimat iklan baris.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS REFERENSI DALAM IKLAN LOWONGAN PEKERJAAN SURAT KABAR KALTIM POS EDISI MEI 2019
Pengarang ANIS RAMADANI - Personal Name
No. Panggil
Subyek Referensi,Iklan, Lowongan Pekerjaan.
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua