Detail Cantuman Kembali
NUR CAHYA PERMATA SARI - Personal Name

KAJIAN STATUS MUTU AIR SUNGAI KANDILO KECAMATAN TANAH GROGOT KABUPATEN PASER PROVINSI KALIMANTAN TIMUR

Nur Cahya Permata Sari, 2019. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Mulawarman, Kajian Status Mutu Air Sungai Kandilo Kecamatan Tanah Grogot Kabupaten Paser Provinsi Kalimantan Timur. (dibimbing oleh Ghitarina dan Mursidi).

Salah satu sungai yang dimanfaatkan masyarakat dan merupakan sumber baku air minum satu-satunya di Kabupaten Paser khususnya di Kecamatan Tanah Grogot adalah Sungai Kandilo. Banyaknya aktivitas-aktivitas di sekitar sungai tersebut seperti aktivitas rumah tangga, pertambangan, dan perkebunan dikhawatirkan semakin membuat kualitas air sungai menurun. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kesesuaian peruntukan air Sungai Kandilo yang berkaitan dengan aktivitas masyarakat di sekitarnya yang dilakukan dengan menggunakan metode STORET yang mengacu pada Keputusan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 115 Tahun 2013 dan uji chi kuadrat.

Penelitian dilakukan pada Maret – Mei 2019 sebanyak tiga stasiun pengamatan. Parameter yang diuji terdiri dari suhu, TDS, TSS, pH, BOD, COD, DO, Fosfat, Nitrat, Nitrit, Kadmium, Tembaga, Timbal, Mangan, Seng, MBAS, Fenol dan Fecal coliform. Berdasarkan 18 parameter yang diuji, parameter yang sering melebihi batas baku mutu adalah TSS, COD, Posfat, dan Nitrit. Hasil dari pengujian menunjukkan ketiga stasiun tidak sesuai untuk peruntukan kelas I-III, namun stasiun 2 dan 3 masih memenuhi baku mutu air sungai kelas IV. Berdasarkan hasil uji chi kuadrat, tidak ada perbedaan nyata antara stasiun dengan parameter tertentu.
Kata Kunci : Status Mutu Air, Sungai Kandilo, Storet

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul KAJIAN STATUS MUTU AIR SUNGAI KANDILO KECAMATAN TANAH GROGOT KABUPATEN PASER PROVINSI KALIMANTAN TIMUR
Pengarang NUR CAHYA PERMATA SARI - Personal Name
No. Panggil
Subyek Status Mutu Air, Sungai Kandilo, Storet
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua